Home Story Ingin Diet Tetap Nikmat? Coba Mashed Potato!

Ingin Diet Tetap Nikmat? Coba Mashed Potato!

Tahukah kamu kalau comfort food seperti mashed potato bagus untuk diet menurunkan berat badan? Kentang sendiri mengandung banyak nutrisi baik dan penting untuk tubuh. 

Bahkan saat ini banyak yang memilih kentang tumbuk sebagai pengganti nasi karena nutrisinya yang melimpah. 

Oleh karena itu, kami akan mengajakmu mengeksplorasi kenapa kentang baik untuk kamu yang sedang diet. Kamu juga akan menemukan resep membuat kentang tumbuk yang sehat namun tetap enak di akhir artikel.

Apakah Mashed Potato Bagus untuk Diet?

Selama kamu menyajikannya dengan benar, kentang tumbuk akan memberikan banyak kebaikan untuk kamu yang sedang diet. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang membuat mashed potato cocok untuk yang sedang berdiet.

1. Rendah Kalori

Alasan utama kenapa kentang tumbuh menjadi pengganti nasi adalah karena kandungan kalorinya yang rendah – apabila kamu membuat dan menyajikannya dengan benar. 

Mashed potato tanpa susu dari kentang berukuran sedang rata-rata hanya mengandung 110 kalori. Namun perlu kamu ingat bahwa mashed potato akan tetap rendah kalori jika kamu tidak menambahkan kondimen lain dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan porsi yang kamu konsumsi.

2. Sumber Karbohidrat Sehat

Pada dasarnya, kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Seperti penjelasan sebelumnya, sayur yang satu ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat. 

Karbohidrat yang terkandung dalam kentang adalah pati, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. Nantinya, pati dalam kentang akan diubah menjadi glukosa – sumber bahan bakar tubuh. 

Selain itu, kentang juga mengandung serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengontrol gula darah. Dengan memilih cara pengolahan yang sehat, seperti membuat resep mashed potato diet tanpa susu, dapat menjadi pilihan yang baik untuk pola makan sehat.

3. Kaya Nutrisi yang Penting untuk Tubuh

Kentang mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa nutrisi yang terdapat dalam kentang dan manfaatnya untuk tubuh.

  • Kandungan vitamin C dalam kentang menjadi sumber antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin yang satu ini membantu menyerap zat besi lebih maksimal dan melindungi sel tubuh dari radikal bebas.
  • Vitamin B6 dalam kentang berperan dalam mengatur jalannya metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu, tubuh memerlukan vitamin ini untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi sistem saraf.
  • Kalium dan magnesium merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam kentang. Tubuh manusia memerlukan keduanya untuk memperbaiki fungsi otot dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta menstabilkan tekanan darah.
  • Kentang mengandung zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.

4. Tinggi Serat

Salah satu kandungan nutrisi dalam kentang adalah serat. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, dan membantumu mengendalikan nafsu makan berlebih – dua hal ini sangat penting untuk menurunkan berat badan. 

Serat yang ada dalam kentang juga berkontribusi dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menekan resiko masalah kardiovaskular.

Resep Mashed Potato Sehat

Biasanya cara membuat mashed potato untuk steak mengharuskanmu mencampurnya dengan susu dan butter. Meskipun itu enak, kandungan kalorinya bisa bertambah – yang mana kurang cocok untuk orang diet. 

Nah, berikut ini adalah resep membuat kentang tumbuk yang sehat dan cocok untuk diet namun tetap enak.

  1. Pilih kentang dan bersihkan dengan air mengalir. Kamu bisa mengupasnya atau memasaknya dengan kulit – kulit kentang mengandung serat yang tinggi.
  2. Setelah mencucinya, potong kentang dengan ukuran yang seragam agar matang bersamaan.
  3. Langkah berikutnya adalah merebusnya dengan air garam. Tapi sebaiknya kamu memasukkan kentang dulu ke panci ketika air masih dingin, sehingga kentang matang dengan rata.
  4. Setelah empuk, saring dan tiriskan kentang hingga agak kering.
  5. Tumis bawang putih di minyak zaitun hingga wangi. Minyak zaitun ini menggantikan butter.
  6. Setelahnya masukkan kentang yang sudah setengah kering dan tumbuk hingga teksturnya sesuai dengan keinginanmu. Kamu pun bisa menambahkan bumbu lain yang kamu sukai, seperti merica, daun bawang, dan lain sebagainya.

Agar membuat mashed potato lebih mudah, kamu bisa membeli Mashed Potato Holycow yang siap makan. Atau kamu juga bisa membeli Parcel Holycow Steak Set untuk empat orang yang isinya sudah lengkap. 

Untuk pembelian parcel ini kamu akan mendapatkan:

  • 200 gram USDA Ribeye untuk 2 orang
  • 200 gram USDA Sirloin untuk 2 orang
  • Mashed potatoes, french fries, dan butter, lengkap dengan berbagai pilihan saus.

Mashed potato, apabila disajikan dengan benar, cocok dan aman untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. Namun pastikan kamu juga menjaga pola makan yang seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published