Home Story Kumpulan Niat Puasa Ramadan dan Tata Cara Doanya

Kumpulan Niat Puasa Ramadan dan Tata Cara Doanya

Sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Hal itu adalah niat puasa Ramadan yang wajib kamu ucapkan di setiap harinya. Hanya saja, memang masih banyak umat Muslim yang belum tahu atau lupa tentang bagaimana doanya.

Padahal, dalam ajaran agama Islam, niat memiliki peranan yang sangat esensial saat menjalankan segala hal, termasuk ketika beribadah. Hal ini sesuai dengan hadits  shahih riwayat Bukhari Muslim yang berbunyi, “sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya”.[1] Karena itu, pastikan kamu hafal niat puasa. 

Uniknya, ada lebih dari satu niat puasa Ramadan dan artinya yang bisa kamu pilih. Berikut adalah bacaan dan tata cara doanya! 

Bacaan Niat Puasa Ramadan

orang yang berdoa sebelum sholat

Dari penjelasan di atas, kamu pasti sudah tahu jika ada beberapa niat puasa Ramadan Arab dan artinya yang bisa kamu baca. Berikut adalah penjelasan yang lebih lengkapnya! 

1. Niat yang Dibaca Setiap Hari

Pertama, kamu dapat membaca niat berikut setiap hari berdasarkan pada Mazhab Syafi'i, yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Arti: Aku berniat untuk berpuasa wajib esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala. 

2. Niat yang Dibaca Satu Kali untuk Satu Bulan

Selain itu, kamu juga bisa membaca niat puasa Ramadan awal di hari pertama untuk satu bulan. Jadi, kamu hanya perlu membacanya niat puasa 1 bulan sekali saja dan tidak perlu setiap hari. Hal ini sesuai dengan pendapat Imam Malik. Bacaannya adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma jami’i syahri Ramadani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala.

Arti: Aku berniat untuk berpuasa di sepanjang bulan Ramadan tahun ini wajib karena Allah Ta’ala.

3. Bacaan Niat yang Lebih Pendek 

Jika kamu terlalu sulit menghafal bacaan di atas, ada doa niat lebih pendek yang bisa kamu gunakan. Doa ini tercatat dalam Kitab I’anatut Thalibin karya Sayyid Abu Bakar Utsman bin Muhammad Syatho ad-Dimyathi as-Syafi'I. Doa ini juga populer di antara pengikut Mazhab Syafi'i. 

Ada dua jenis pilihan niat puasa Ramadan pendek yang bisa kamu gunakan, yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ رَمَضَانَ

Latin: Nawaitu shauma Ramadana

Arti: Aku berniat puasa di bulan Ramadan

Atau, kamu dapat membaca niat berikut! 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ/عَنْ رَمَضَانَ 

Latin: Nawaitu shauma ghadin min/'an Ramadana

Arti: Aku berniat puasa esok hari pada bulan Ramadan

4. Niat dalam Bahasa Indonesia 

Bila kamu kesulitan saat membaca dan menghafal doa dalam bahasa Arab, beberapa ulama mengatakan jika kamu bisa mengucapkan niat di dalam bahasa Indonesia. Salah satu doa yang bisa kamu baca adalah:

“Aku berniat berpuasa esok hari di bulan Ramadan untuk mendapat ridho Allah SWT”

Tata Cara Membaca Niat Puasa

keluarga yang sedang makan sahur bersama

Setelah mengetahui bacaan doanya, kini saatnya untuk mempelajari tentang bagaimana tata cara untuk membacanya. Berdasarkan hadits riwayat An-Nasa’i dan Abu Dawud, waktu niat puasa Ramadan adalah sebelum fajar tiba. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya.”

Selain itu, ada juga hadits riwayat Ibnu Hibban yang mengatakan bahwa puasa tidak akan sah jika kamu tidak mengucapkan niat di malam hari, yaitu:

“Sesungguhnya niat adalah pada malam hari. Barangsiapa yang berbuka sebelum niat di malam hari, maka tidak sah puasa baginya.” 

Berkaitan dengan waktu, kamu bisa mengucapkan niat sebelum sahur agar tidak lupa. Setelah membaca niat, jangan lupa untuk menyantap makanan bergizi tinggi seperti daging merah agar kamu kuat puasa seharian. 

Jika kamu ingin menyantap daging yang halal dan berkualitas tinggi, Holycow adalah tempat terbaik yang bisa kamu pilih. Di sini, kamu bisa menemukan beberapa varian frozen meat yang cocok untuk santapan sahur, seperti:

  • Wagyu Tenderloin, untuk kamu yang suka daging lembut dengan marbling melimpah.
  • Australian Tenderloin, untuk kamu yang suka daging lembut dengan marbling yang tidak terlalu banyak.
  • Wagyu Sirloin, untuk kamu yang suka daging dengan tekstur sedikit alot namun masih ada marbling di sana.
  • Wagyu Rib Eye, untuk kamu yang suka daging super lembut dengan marbling melimpah.
  • Australian Sirloin, untuk kamu yang suka daging dengan tekstur sedikit alot dan minim lemak.

Kamu juga bisa menikmati hidangan daging sapi yang berkualitas secara langsung di Holycow saat buka puasa. Ada banyak pilihan menu yang bisa dicoba bersama teman dan keluarga. Misalnya seperti Black Angus Sirloin, Steak Au Poivre, Steak Fried Rice, Australian Tenderloin Steak, dan juga Holysteak! 400GR. 

Sebab, selain sebelum sahur, niat puasa Ramadan juga bisa kamu bacakan setelah menyantap hidangan buka puasa. Ini terasa lebih mudah karena ada teman dan keluarga yang bisa ikut saling mengingatkan untuk membaca niat puasa setelah berbuka. Jadi, ayo kunjungi restoran Holycow terdekat sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published