Home Story Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki, Mirip Tapi Tak Sama!

Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki, Mirip Tapi Tak Sama!

Hai, carnivore! Kalau kamu suka makan masakan Jepang pasti kamu sudah familiar dengan yang namanya Yakiniku dan Teriyaki. Namun, ternyata banyak juga yang belum tahu perbedaan Yakiniku dan Teriyaki, sehingga sering salah memesan atau memasaknya. 

Tentu saja, kamu tak boleh salah langkah. Terlebih lagi, ketika kamu sedang ingin menjamu kawan atau kolega dengan masakan Jepang terlezat versimu sendiri. Jadi, mari luangkan waktu sejenak untuk belajar perbedaan mendasar di antara keduanya. 

Yakiniku dan Teriyaki: Apa Sih Itu?

Ilustrasi Yakiniku

Penyuka hidangan Jepang pasti tahu kalau Yakiniku adalah masakan berbahan daging yang dibuat dengan cara memanggangnya langsung di atas grill

Tentu saja, ini bukan fakta yang mengejutkan buat kamu yang bisa berbahasa Jepang. Pasalnya, Yakiniku sendiri memang bisa diterjemahkan sebagai daging panggang. 

Beda dari daging panggang Amerika yang kebanyakan tebal, Yakiniku itu tipis dan diiris kecil-kecil. Jadi, kamu bisa menikmatinya dalam sekali suap saja. Dengan kata lain, kamu tidak perlu memotong-motongnya lagi. 

Kamu bisa menikmati Yakiniku dengan berbagai saus. Namun, pada umumnya Yakiniku tersaji dengan taburan biji wijen dan minyaknya. 

Nah, di sisi lain, kamu mengenal yang namanya Teriyaki. Beda dengan Yakiniku, Teriyaki adalah nama masakan. Persamaannya hanya terletak di bahan dasarnya, yaitu daging. 

Namun, Teriyaki punya saus khas yang membuatnya spesial. Saus ini punya cita rasa manis dan asin karena terbuat dari campuran kecap, garam dan sake. 

Teriyaki tidak terbatas pada daging merah saja. Kamu juga bisa membuat hidangan ini dengan daging ikan, ayam maupun tahu buat yang vegetarian. Jadi, hidangan ini bisa bervariasi tergantung pada siapa yang memasaknya. 

Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

Perbedaan utama antara Yakiniku dan Teriyaki terletak pada tekstur, rasa dan cara mengolahnya.

Tekstur Yakiniku dan Teriyaki

Dalam Yakiniku, daging seringkali sangat tipis dan teriris dalam potongan kecil. Oleh karena itulah, Yakiniku cepat matang. 

Hasilnya adalah daging yang memiliki tekstur lembut, dengan lapisan luar yang ringan krispi akibat proses panggangan. Selanjutnya, rasanya pun sangat bergantung pada sausnya.

Sedangkan Teriyaki cenderung memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan berair. Proses memanggang atau menggoreng dengan saus Teriyaki membuat timbulnya lapisan manis di setiap dagingnya. Jadi, kamu bisa merasakan betapa juicy dagingnya di setiap gigitan. 

Rasa Yakiniku dan Teriyaki

Kamu bisa makan Yakiniku dengan berbagai macam saus sehingga rasanya bisa berbeda-beda. Namun, di restoran fast food, rasa Yakiniku ini sangat gurih karena biasanya tersaji dengan campuran wijen. 

Kalau Teriyaki rasa apa? Teriyaki, di sisi lain, tenar karena rasa manis dan asin yang khas. Saus Teriyaki memberikan hidangan ini sentuhan manis yang menggoda dengan lapisan kecoklatan yang mengundang rasa lapar.

Pengolahan Yakiniku dan Teriyaki

Dalam persiapan Yakiniku, daging seringkali dipotong tipis dan disajikan dalam bentuk potongan kecil yang siap untuk dipanggang. 

Sedangkan Teriyaki membutuhkan lebih banyak usaha untuk memasaknya. Kamu harus merendam daging dulu dalam campuran saus Teriyaki supaya rasanya lebih ciamik. Proses ini bikin daging bisa meresap rasa saus sebelum melewati proses memasak selanjutnya.

Waktu yang Tepat untuk Jamuan Yakiniku dan Teriyaki 

Yakiniku dan teriyaki adalah dua hidangan Jepang yang berbeda baik dalam rasa maupun cara penyajiannya, dan mereka lebih cocok dimakan pada jenis event atau situasi yang berbeda. 

Yang pertama, kamu harus memilih Yakiniku ketika mengadakan acara yang bertema lebih santai. Sebab, makanan ini lebih enak untuk bersosialisasi bersama teman dan kolega.  

Sebaliknya, Teriyaki mungkin pilihan yang lebih tepat untuk acara-acara bisnis karena lebih ringkas dan pas buat event yang resmi. Nah, pilihan antara keduanya tergantung pada suasana acara yang kamu inginkan.

Rekomendasi Produk Frozen Yakiniku dari Holycow

Australian Wagyu Yakiniku dari Holycow

Jika Anda ingin menikmati Yakiniku berkualitas tinggi yang pasti halal, Holycow adalah pilihan yang sangat baik. Holycow punya frozen food Yakiniku Australian Wagyu yang lezat dan mudah disiapkan di rumah.

Produk frozen food ini merupakan pilihan terbaik untuk penggemar Yakiniku yang ingin memasak sendiri di rumah. Sebab, Holycow menghadirkan daging sapi pilihan dengan saus khusus yang siap memanjakan lidah Anda. 

Produk ini juga sudah berbentuk frozen food, sehingga kamu dapat menyimpannya dalam freezer dan menikmati Yakiniku berkualitas kapan saja tanpa harus pergi ke restoran.

Holycow selalu mengutamakan kualitas dan kelezatan dalam setiap produknya. Produk frozen food Yakiniku mereka tidak hanya lezat, tetapi juga halal. Jadi, kamu dapat menikmatinya kapan saja, di mana saja, dengan aman.

Leave a comment

All comments are moderated before being published