Home Story 5 Persiapan Puasa untuk Ibu Menyusui Agar Aman dan Lancar

5 Persiapan Puasa untuk Ibu Menyusui Agar Aman dan Lancar

Perintah puasa berlaku untuk muslim di seluruh dunia, termasuk busui. Berikut ini adalah persiapan puasa untuk ibu menyusui yang aman dan ASI tetap lancar.

Tapi bolehkah ibu menyusui berpuasa? Apakah produksi ASI tetap lancar meskipun sedang menyusui? Temukan jawaban dari pertanyaan di atas beserta tips puasa bagi ibu menyusui agar kamu bisa menjalankan ibadah ramadhan dengan lebih tenang.

Apa Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui?

Berpuasa seyogyanya memberikan manfaat untuk pelakunya. Selain mengajarkan manusia untuk bersabar dan berbagi, puasa juga mengajarkan manusia bahwa ada proses sebelum meraih kemenangan.

Namun, apakah ibu menyusui boleh puasa? Apakah produksi ASI berkurang saat puasa? Meskipun ibu menyusui tidak makan dan minum selama beberapa jam, cadangan lemak dalam tubuh membuat ASI tetap berproduksi. 

Mungkin kandungan gizi dalam ASI akan berkurang, namun kamu bisa meminimalisasi hal tersebut dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Untuk mencukupi kebutuhan harian dengan suplemen, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter.

Puasa,  pada dasarnya, juga menawarkan berbagai manfaat untuk para ibu yang sedang menyusui, seperti:

  • Menjaga kesehatan jantung karena menurunkan kadar kolesterol.
  • Menetralisasi racun dalam tubuh.
  • Menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi.
  • Mengurangi peradangan.
  • Meningkatkan fungsi otak.

Tips Berpuasa untuk Ibu Menyusui

Berikut ini adalah beberapa kita yang bisa kamu lakukan agar puasa yang kamu jalankan ketika menyusui tetap lancar.

1. Sahur di Waktu yang Tepat

Seperti orang berpuasa pada umumnya, kamu perlu sahur agar memiliki tenaga ketika puasa nanti. Namun, pastikan kamu sahur di waktu yang tepat atau seperti anjuran, yaitu mendekati waktu imsak. 

Selain itu, akan lebih baik jika menu sahurmu mengandung banyak serat dan kaya nutrisi agar kamu tetap bertenaga. Agar tubuh tetap prima, bisa menyusui, dan puasa berjalan lancar, kamu bisa mengkonsumsi makanan kaya protein dan juga yoghurt.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Ketika kamu menyusui dan memutuskan untuk ikut puasa, maka kamu harus memperhatikan asupan makananmu dengan baik ketika berbuka dan sahur. 

Menu buka puasa untuk busui bisa diawali dengan smoothies kurma alpukat – rasanya manis dan mengenyangkan. Namun, tetap sehat serta mengandung banyak vitamin penting untuk busui. Selain itu, sangat disarankan untuk memperbanyak asupan protein dan juga sayur-sayuran berwarna hijau gelap. 

Tidak hanya sayur dan protein, patikan kamu juga memperkaya opsi makananmu dengan buah-buahan segar.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan

Ada banyak hal yang terganggu ketika kamu kekurangan cairan harian. Bahkan, dehidrasi bisa membuat produksi ASI ibu yang menyusui berkurang. Oleh karena itu, pastikan kamu telah mencukupi kebutuhan cairan harian setiap buka puasa dan sahur. 

Pada dasarnya, kamu bisa minum berbagai jenis minuman selain air putih. Namun akan lebih baik, jika kamu menghindari apa saja yang mengandung kafein maupun minuman yang terlalu manis. Apabila kamu ingin minum manis, jus dan smoothies buatan sendiri adalah opsi yang patut kamu pertimbangkan.

4. Hindari Aktivitas Berat

Menjaga kesehatan tubuh bisa kamu mulai dengan memperhatikan aktivitas harianmu. Seringkali, ibu lupa bahwa aktivitas harian bisa menguras tenaga apalagi ketika puasa. 

Bahkan, menjadi busui pun tidak membuat para ibu berhenti melakukan pekerjaan rumah yang menghabiskan tenaga tersebut. 

Nah, agar puasamu sebagai ibu menyusui tetap lancar, aman, dan terkendali, sebaiknya kamu memperbanyak istirahat di sela-sela kegiatan. Jangan ragu untuk tidur siang apabila memungkinkan.

5. Perhatikan Produksi ASI

Apabila kamu sedang menyusui, memperhatikan produksi ASI adalah hal yang paling penting. Umumnya, produksi ASI berkurang mendekati waktu berbuka seiring dengan kadar cairan tubuh yang makin menurun. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena secara teratur memompa ASI biasanya akan memperbanyak produksi ASI. 

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memompa ASI agar produksi air susu tetap terjaga selama puasa dan Si Kecil tetap mendapatkan asupan pokok dengan cukup.

Persiapkan Puasamu dengan Holycow

Asupan makanan adalah salah satu hal krusial untuk menghadapi puasa, apalagi untuk ibu menyusui. Selain menghindari makanan yang menyebabkan tubuh mudah lesu dan lelah, ibu menyusui juga harus mengkonsumsi makanan yang membantu produksi ASI tetap lancar.

Holycow, sebagai salah satu pelopor steak wagyu berkualitas di Indonesia, menyajikan banyak menu yang bisa para busui konsumsi. Tidak hanya daging sapi, kamu juga bisa menikmati beragam side dish berupa sayuran.

Wagyu Sirloin dan Wagyu Rib Eye patut dicoba untuk kamu yang ingin menikmati kelezatan Australian Wagyu pilihan chef. Selain itu, menu Holysteak! dan Holycow’s Special Steak bisa kamu pilih untuk yang menginginkan daging dengan slice lebih kecil.

Apabila kamu masih menyusui dan ingin berpuasa, pastikan kamu telah melakukan serangkaian persiapan puasa untuk ibu menyusui. Ibu yang sehat tentu akan membuat bayi senang!

Leave a comment

All comments are moderated before being published