Home Story 7 Steak Termahal di Dunia, Kamu Sudah Pernah Coba yang Mana?

7 Steak Termahal di Dunia, Kamu Sudah Pernah Coba yang Mana?

Sebagai pecinta steak, berapa maksimal harga yang akan kamu bayar untuk menikmati sepotong daging? Atau mungkin kamu pernah terpikir berapa harga steak termahal di dunia?

Pada dasarnya, level mahalnya steak ini bukan karena ukuran daging. Melainkan bagaimana proses perawatan dan pemeliharaan hewan ternak (sapi) itu sendiri. 

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas beberapa steak dengan banderol harga super tinggi. Tentunya beserta alasan kenapa potongan-potongan daging ini bisa selangit harganya.

Daging Steak Paling Mahal di Dunia

Berapa harga daging wagyu termahal di dunia?

Jawabannya adalah $1000 atau sekitar Rp15 jutaan jika kita rupiahkan. Banderol harga tertinggi ini merupakan milik Japanese A5 Wagyu. Lebih jauh, kita akan membahasnya di daftar berikut:

1. Kobe Beef

Kobe Beef

Pertama ada daging sapi termahal di dunia yakni Kobe Beef yang sangat langka. Hanya sekitar 1.000 ekor sapi saja per tahun yang memenuhi requirement sebagai A5 Wagyu Kobe. Kuota ini sudah termasuk untuk pemasaran ke seluruh dunia, lho.

Khusus untuk bagian strip dan rib eye, daging sapi Kobe ini memiliki banderol   harga sekitar Rp5 jutaan untuk tiap 13 hingga 15 ons.

Ternak sapi Kobe ini punya DNA unik yang membuat dagingnya memiliki komposisi lemak dan marble sempurna.

2. Olive Wagyu 

olive wagyu

Olive Wagyu mahal? Jelas, harga daging ini mencapai Rp7,1 jutaan per potong. Daging ini hanya bisa kamu temukan di Jepang. Asalnya dari Shodoshima yang menjadi penghasil buah zaitun di Negeri Sakura.

Sapi-sapi di sana mengonsumsi buah zaitun yang melalui proses pengeringan dan pemanggangan sehingga menghasilkan rasa manis alami. Gula alami inilah yang membuat daging Wagyu Olive sangat lezat dan lebih enak.

Bahkan beberapa orang menjuluki Olive Wagyu sebagai steak paling langka dan sehat di dunia. Kamu sudah mencobanya?

3. Daging Maezawa

daging maezawa

Salah satu peternakan di Jepang, Ogata menyuplai daging sapi Maezawa yang memiliki harga sekitar Rp4 jutaan per 8 ons (filet) dan 14 ons (rib eye).

Sapi-sapi di peternakan ini tumbuh dalam lingkungan yang bebas stres sehingga menghasilkan tekstur daging lembut dan halus. Bahkan mereka tidak menggunakan suntikan hormon selama proses pembesaran.

Sebaliknya, sapi-sapi di peternakan ini mendapat asupan makan dari campuran kedelai, bir, dan whiskey.

4. Hitachi-Gyu

Hitachi-Gyu

Steak yang satu ini dijual dengan harga mulai dari Rp3.8 jutaan. Tersedia dalam beberapa potongan yakni rib eye, filet, strip, flat-iron, chuck, sirloin, dan daging panggang.

Salah satu daging termahal di dunia ini berasal dari prefektur Irabaki. Ternak-ternak di sana dibesarkan selama 30 bulan dengan mengonsumsi diet bebas antibiotik dan akses minum air bersih. 

Lingkungannya bebas stres dengan ventilasi terbaik. Secara umum, daging ini memiliki tekstur lembut, beraroma, dan kaya asam oleat.

5. Wagyu Sendai

Wagyu Sendai

Jenis wagyu satu ini memiliki harga Rp3.8 jutaan per 14 ons untuk bagian rib eye. Dagingnya berasal dari sapi hitam yang diternakkan di prefektur Miyagi. 

Makanannya berupa batang padi dan biji barley sehingga dagingnya memiliki aroma yang kuat dan marblenya sempurna.

Lemak di daging wagyu ini akan meleleh menjadi adonan mentega dan menjadi bumbu alami untuk marinate steak.

6. Omi Wagyu

omi wagyu

Salah satu makanan termahal di dunia adalah steak dari potongan daging Omi Wagyu. Steak ini dijual dengan harga sekitar Rp jutaan per 8 ons untuk filet dan 13 ons untuk rib eye.

Kamu bisa katakan bahwa Omi Wagyu adalah steak terenak di dunia dengan julukan daging sapi kaisar. Alasannya karena dagingnya sangat lembut, kaya, dan beraroma.

Daging sapi Omi ini berasal dari area Shiga dan besar di lingkungan yang murni serta mengonsumsi makanan organik. Dalam proses pembesarannya, sapi-sapi dibiarkan lepas di tepian danau Biwa yang menjadi sumber mata air segar di Jepang.

7. Hokkaido Wagyu - Peternakan Tokachi

Hokkaido Wagyu

Salah satu wagyu termahal di dunia adalah Wagyu Hokkaido yang berasal dari peternakan Tokachi. Potongan daging sapi ini dijual dengan harga Rp2.8 jutaan per 13 hingga 15 ons.

Beberapa faktor yang membuat daging sapi ini memiliki rasa yang kuat dan beraroma adalah lingkungan dan makanan. Ternak-ternak ini makan rerumputan yang subur dan tinggal di iklim sejuk di samping Gunung Tokachi.

Harga-harga ketujuh jenis steak di atas mungkin membuat kamu geleng-geleng kepala? Tenang, di sini kamu tak perlu khawatir karena tetap bisa menikmati steak lezat tanpa menguras kantong.

Steak Hotel by Holycow menyediakan berbagai jenis menu steak dengan pilihan daging yang beragam.  Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Wagyu Tenderloin MB4-5 pilihan founder Steak Hotel by Holycow. Harganya hanya Rp299.000 dan kamu sudah bisa menikmati lezatnya daging wagyu. 

Jangan insecure dengan harga steak termahal di dunia karena kamu bisa menikmati steak berkualitas yang ramah kantong di Holycow. Yuk kunjungi Holycow terdekat di kotamu! 

Leave a comment

All comments are moderated before being published