Home Story 5+1 Cara Memasak Daging Steak Biar Empuk dan Juicy

5+1 Cara Memasak Daging Steak Biar Empuk dan Juicy

Cara memasak daging steak biar empuk itu gampang-gampang susah. Jadi gampang kalau kamu memilih potongan daging yang tepat untuk jadi steak. Dan, jadi susah kalau dagingnya bukan potongan tepat.

Bisa dibilang, cara membuat steak sapi empuk 75 persen kesuksesannya ditentukan oleh pemilihan daging.

Supaya tidak salah pilih daging dan bisa makan steak empuk di rumah, baca tips dan triknya di bawah.

Tips dan Cara Memasak Daging Steak Biar Empuk dan Juicy

1. Gunakan Potongan Daging Berikut: Tenderloin, Sirloin, Ribeye

Kenapa harus tenderloin, sirloin, atau ribeye? Karena potongan ini adalah yang paling umum digunakan untuk menjadi steak. Bukan hanya karena faktor umum, potongan ini juga mempunyai tekstur yang lembut dan memiliki kandungan minyak lebih sedikit daripada potongan daging yang lain.

Tekstur lembut dan sedikit kandungan minyak ini membuat daging lebih mudah kamu olah jadi steak. Kemudahan mengolah inilah yang menjadi rahasia steak menjadi tender.

Bagaimana kalau tidak bisa mendapatkan potongan tenderloin, sirloin, atau ribeye? Kalau tidak bisa mendapatkannya, tempat kamu membeli daging adalah sumber terbaik untuk konsultasi. Jangan malu untuk minta saran potongan daging lain yang bagus untuk steak.

Siapa tahu kamu mendapat “butcher’s cuts” - istilah yang meat lovers gunakan saat menyebut potongan daging spesial.

2. Seasoning Daging: Proses Krusial Membuat Steak Empuk

Seasoning atau marinasi adalah proses membumbui daging sebelum memasaknya. Ini adalah proses bikin steak daging sapi empuk yang krusial dan harus kamu lakukan.

Apa saja bumbu yang harus kamu siapkan untuk proses marinasi daging? Cukup merica hitam dan garam. Untuk jenis garamnya, kamu bisa menggunakan garam laut atau kosher - bebas, sesuai selera dan stok di dapur.

Berapa lama proses marinasi daging? Kamu bisa mendiamkan daging selama 24 jam. Yang terjadi saat proses ini adalah, garam akan memecah protein dalam daging untuk menghasilkan steak lebih empuk. Garam juga membuat steak berwarna pekat dan segar.

Bolehkah menambah bumbu lain saat marinasi selain garam dan merica? Boleh - dengan syarat: kamu tahu bumbu yang ingin kamu gunakan dan siap dengan risikonya.

Beberapa resiko yang bisa terjadi kalau menggunakan banyak bumbu adalah daging menjadi terlalu lunak/lembek dan gampang gosong permukaannya.

3. Jangan Masak Buru-buru: Tunggu Daging Mencapai Room Temperature

Iya, kami tahu.. Kamu sudah tidak sabar mau langsung praktek bikin steak yang tender, kan?

Masalahnya adalah, kalau kamu langsung panggang daging dalam keadaan beku atau belum mencapai room temperature, daging yang kamu masak bisa tidak matang merata. Kalau kamu tidak ingin makan daging yang masih mentah, pastikan kamu memberikan waktu 30 menit untuk istirahat sebelum memasaknya.

4. Gunakan Cast Iron Skillet Pan (Wajan)

Cast iron skillet pan atau wajan besi cor adalah media masak sempurna untuk membuat steak tender yang kualitasnya setara dengan Steakhouse. Kenapa? Karena wajan adalah konduktor penghantar panas yang baik dan tidak memerlukan waktu lama untuk memasak steak sampai matang merata.

Syaratnya adalah, pastikan kamu sudah memanaskan wajan lebih dulu sebelum memasak daging. Setelah itu masak steak menggunakan olive oil atau mentega sampai tingkat kematangan sesuai.

Terakhir, kamu bisa memasukkan steak yang hampir matang ke dalam oven yang suhunya sudah kamu panaskan supaya matangnya lebih merata dan empuk di semua bagian.

5. Jangan Langsung Disantap: Biarkan Steak Istirahat Sejenak

Setelah tingkat kematangan steak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, jangan buru-buru potong steak setelahnya. Biarkan steak beristirahat sejenak - tunggu beberapa menit.

Kalau kamu ingin memanjakan steak supaya istirahatnya maksimal, lakukan hal di bawah:

  • Keluarkan daging dari oven setelah matang
  • Taruh di piring yang hangat atau taruh di talenan
  • Balut daging dengan aluminium foil supaya suhu panas steak tertahan
  • Biarkan 10-15 menit
  • Setelahnya, lepaskan aluminium foil dan potong steak segaris lurus
  • Enjoy!

Itu dia, lima cara membuat steak daging sapi ala restoran di atas bisa kamu praktekkan di rumah sekarang juga. Kalau hasilnya belum empuk dan juicy sesuai ekspektasi, solusinya ada di cara keenam.

Cara Makan dan Menikmati Steak Empuk nan Juicy yang Gampang

Holycow Steak solusinya! Kamu bisa langsung makan dan menikmati steak juicy tanpa harus mempraktekan cara memasak daging steak biar empuk lebih dulu. Langsung kunjungi outlet terdekat di sekitar kamu, yuk! Atau, mau makan di rumah aja? Pesan saja lewat Gofood atau Grabfood.

Leave a comment

All comments are moderated before being published