Home Story Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Kentang di Dunia

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Kentang di Dunia

Jenis kentang yang kamu kenal mungkin hanya seujung kuku dari varietas yang ada. Tapi tahukah kamu, ada varian kentang yang lebih cocok untuk kue dan jenis kentang lainnya terasa paling enak untuk kentang goreng? 

Nah, di artikel ini kamu akan menemukan informasi tentang ragam varian kentang dan karakteristiknya.

1. King Edward

King Edward adalah salah satu jenis kentang klasik yang mendunia. Terkenal sejak awal abad ke-20, kentang yang satu ini memiliki ciri khas. 

Selain daging yang putih, kulitnya pun berkerut sehingga cocok untuk baik kentang goreng maupun kentang tumbuk. Tidak hanya itu, King Edward bertekstur halus dan rasa yang mantap.

2. Russet

Berikutnya ada kentang Russet – jenis yang populer untuk kentang goreng dan mashed potato. Kentang ini menjadi idaman pecinta kuliner kentang karena teksturnya yang garing di luar dan lembut di dalam. 

Selain itu, kulitnya yang kasar menyimpan daging kuning pucat yang kaya akan pati. Pokoknya, kentang Russet adalah pilihan mantap untuk comfort food anti ribet.

3. Adirondack Blue

Pernah lihat varietas kentang berwarna biru? Itu adalah Adirondack Blue. Seperti namanya, kentang yang satu ini memiliki daging berwarna biru keunguan yang sangat intens. 

Selain tampilan unik yang memikat, kentang biru ini mengandung antioksidan yang sangat kaya. Teksturnya pun lembut dan rasanya sedikit manis, sehingga cocok untuk berbagai olahan – mulai dari kentang tumbuk hingga keripik kentang.

4. Yukon Gold

Jenis kentang berikutnya adalah Yukon Gold, yang dikembangkan di Kanada. Warnanya kuning emas dan teksturnya pun halus. 

Dengan rasa yang sedikit manis, kentang Yukon ini sangat serbaguna. Selain itu, kandungan patinya yang rendah bikin olahannya jadi lebih creamy.

5. Purple Majesty

Purple Majesty mencuri perhatian dengan warna ungunya yang mencolok. Tidak hanya indah di mata, jenis ini juga kaya antioksidan dan nutrisi. Selain tekstur yang lembut, Purple Majesty terasa sedikit manis, sehingga pas untuk aneka resep.

6. Desiree

Desiree adalah salah satu pilihan populer jika kamu mencari jenis kentang untuk kentang tumbuk. Dengan kulit merah dan daging kuning pucat, kentang ini terkenal akan teksturnya yang waxy dan rasa yang mantap. 

Selain untuk kentang tumbuk, Desiree juga serbaguna dan bisa cocok untuk berbagai olahan, seperti kentang panggang atau salad.

7. Red Bliss

Red Bliss menjadi pilihan yang menarik jika kamu ingin menggali manfaat kentang yang berlimpah. Selain memberikan rasa nutty, kentang ini mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Teksturnya pun waxy, sehingga ideal untuk salad kentang maupun kentang rebus.

8. Kentang Dieng

Indonesia juga punya jenis kentang yang terkenal, yaitu Kentang Dieng. Kentang ini juga populer sebagai kentang organik, karena beberapa orang menanamnya dengan metode tradisional dan minim pestisida. 

Selain itu, tekstur yang padat dan rasanya yang sangat kentang membuatnya cocok untuk aneka masakan, dari gorengan sampai sup.

9. Fingerling

Kentang Fingerling unik dengan bentuknya yang memanjang dan mirip jari. Ini adalah jenis kentang gourmet yang sering kamu temui di restoran mewah. Tekstur Fingerling cukup waxy dan rasanya nutty. Oleh karena itu, kentang ini sangat nikmat untuk kentang panggang, salad, maupun rebusan.

10. Atlantic

Kentang Atlantic berasal dari Amerika Serikat dan merupakan pilihan populer untuk pembuatan kentang goreng dan keripik kentang. 

Dengan tekstur yang lebih padat dan kandungan pati yang tinggi, jenis ini mampu memberikan hasil gorengan yang garing di luar dan lembut di dalam. Kulitnya tipis dengan daging berwarna putih, membuatnya juga serbaguna untuk olahan lain seperti kentang tumbuk atau kentang panggang.

11. Kipfler

Berasal dari Austria, kentang Kipfler memiliki bentuk yang mirip dengan Fingerling. Selain bertekstur waxy, kentang yang satu ini memiliki rasa yang sedikit manis, sehingga sering digunakan untuk salad dan rebusan di masakan Eropa. 

Kulitnya tipis dan dagingnya kuning pucat, sehingga memberikan keunikan tersendiri dalam berbagai hidangan.

12. Kennebec

Tak hanya populer di Amerika, Kennebec adalah kentang serbaguna yang disukai chef dunia. Rasanya cenderung netral dan bertekstur padat. 

Maka dari itu, kentang yang satu ini umum untuk kentang goreng yang garing atau kentang tumbuk yang lembut. Kulit tipis dan daging putihnya membuatnya tak hanya lezat, tapi juga mudah dalam mengolahnya.

Demikian berbagai ragam kentang di dunia yang perlu kamu ketahui. Nah, sekarang kamu bisa menikmati kentang tumbuk ala resto mewah dengan mashed potato dari Steak Hotel by Holycow. 

Selain halal, produk ini terjamin kualitasnya. Namun, karena tidak pakai pengawet, kentang tumbuk premium ini akan kadaluarsa tiga hari setelah pembelian. Rasakan sensasi makan mashed potato dengan jenis kentang pilihan dari Steak Hotel by Holycow sekarang!

Leave a comment

All comments are moderated before being published