Home Story Resep Dendeng Balado Renyah dan Lezat, Dijamin Nagih!

Resep Dendeng Balado Renyah dan Lezat, Dijamin Nagih!

Resep dendeng balado sebenarnya mudah ditemukan. Namun, memasaknya sendiri dan menghasilkan dendeng balado yang otentik mengharuskanmu memilih masing-masing bahannya dengan teliti.

Karakter daging yang renyah tapi tidak alot juga menjadikan hal ini tantangan tersendiri. Makanya, meskipun kamu bisa menemukannya hampir di setiap Rumah Makan Padang, tidak semuanya menyajikan cita rasa Sumatera Barat asli. 

Yuk, cari tahu lebih jauh tentang masakan lokal ini dan temukan resepnya di artikel berikut!

Dendeng Balado: Dari Sumatera Barat untuk Indonesia

Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan berbagai racikan makanan lokal yang menggoyang lidah—salah satunya adalah dendeng balado. 

Daging sapi yang tipis dan renyah berpadu sempurna dengan bumbu pedas menggugah selera. Ada juga serai dan daun jeruk purut yang menambah aroma segar dari bumbunya. 

Makanya, masakan khas Minangkabau ini tidak hanya enak di lidah tapi juga membuat liur menetes sejak pertama kali kamu menghirup aroma masakannya. Tapi, apa yang membuat masakan ini begitu istimewa?

1. Proses Pengolahan yang Unik

Memotong daging tipis-tipis di atas papan kayu

Sebelum dendeng balado pedas tiba di atas piringmu, masakan ini melewati proses pengolahan yang cukup bertahap. Selain harus memilih daging has berkualitas dan mengirisnya tipis-tipis serta melawan serat, irisan ini harus direbus selama beberapa waktu hingga empuk.

Baca Juga: 3 Resep Spesial Cara Membuat Steak Ayam Ala Restoran

Tidak berhenti di sini, rebusan daging ini harus ditiriskan hingga airnya benar-benar kering—mungkin sekitar 15 menit. Apabila masih ada sisa air, maka kamu bisa mengelapnya dengan tisu dapur hingga kadar airnya seminimal mungkin.

2. Rasa Pedas dan Tekstur Kering Renyah

Semangkuk tomat cherry dan cabai

Keunikan lainnya adalah pada tekstur bumbu yang ditumbuk kasar, sehingga daging keringnya terasa semakin gurih. Bahkan, cabai tumbuknya membuat dendeng balado semakin otentik dan tidak ada tandingan.

3. Bumbu Otentik

Sepiring nasi putih dan dendeng balado

Rasa yang otentik terlahir dari bumbu-bumbu lokal pilihan yang hanya bisa kamu dapatkan di Indonesia. Selain bawang merah dan putih, masakan ini memerlukan daun jeruk purut, batang serai, ketumbar, dan kemiri serta air perasan jeruk nipis. Membayangkannya saja bikin liur menetes, bukan?

Agar daging balado tetap renyah tapi tidak keras setelah digoreng, maka kamu bisa pakai daging has, baik luar maupun dalam. Selain mudah untuk diiris tipis, daging has (tenderloin dan sirloin) adalah bagian sapi yang empuk.

Baca Juga: 10 Resep Olahan Daging Giling Populer, Mudah Dibuat di Rumah

Apabila has dalam minim lemak dan tidak begitu berminyak ketika dimasak, has luar memberikan tekstur yang renyah namun tetap moist meskipun daging digoreng hingga kering. Lebih dari apapun, olahan daging sapi ini adalah salah satu hidangan terbaik yang Indonesia punya, asli dari Sumatera Barat.

Bahan Dendeng Balado dan Langkah-Langkahnya

Daging segar di atas kayu hitam

Untuk bikin dendeng balado sendiri, kamu bisa siapkan bahan-bahan berikut ini.

500 gram daging sapi has dalam atau has luar, kemudian iris tipis-tipis melawan serat.

  • 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • 1 sdt ketumbar.
  • 2 butir kemiri.
  • 1 sdm garam.
  • 1 sdt merica.
  • 1 liter air.

Sisihkan semua bahan ini yang nantinya kamu gunakan untuk merebus daging. Kemudian, siapkan bahan-bahan untuk sambal balado berikut.

  • 15 buah cabai merah keriting, tumbuk kasar.
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 2 lembar daun jeruk purut.
  • 1 batang serai memar.
  • 1 buah tomat, potong-potong.
  • 1 sdt gula pasir.
  • Garam dan gula secukupnya.
  • 1 sdm air jeruk nipis.

Proses Memasak Dendeng Balado

  1. Setelah mengiris tipis daging melawan arah, rebus air hingga mendidih dan masukkan daging bersama bawang putih halus, ketumbar, kemiri, garam, dan merica. Angkat dan tiriskan daging setelah airnya menyusut.
  2. Setelah kering, pukul-pukul dagingnya hingga agak pilih.
  3. Panaskan minyak dalam jumlah banyak di wajan dan goreng daging hingga kering dan renyah. Angkat dan tiriskan apabila sudah matang.
  4. Sekarang, kamu akan membuat sambal balado. Selain cabai yang ditumbuk kasar, haluskan bawang merah dan bawang putih.
  5. Panaskan sedikit minyak di wajan untuk menumis bumbu bersama daun jeruk purut, serai, dan tomat yang sudah dipotong. Lakukan proses ini hingga harum dan betulan matang.
  6. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya hingga rasanya pas serta air jeruk nipis. Aduk lagi hingga tercampur sempurna.
  7. Campur daging goreng ke dalam wajan berisi sambal balado dan aduk hingga setiap bagian daging terbalut sambal.

Dendeng balado sudah siap untuk disantap. Selain dengan nasi hangat, hidangan ini juga bisa kamu nikmati dengan lalapan segar.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Sate Sapi Agar Empuk dan Juicy Termudah

Tapi, bagaimana cara membuat dendeng balado yang renyah tapi tidak keras? Selain memilih daging has, kamu juga harus meniriskan daging rebusnya hingga cukup kering. Baru setelahnya kamu bisa menggoreng daging. Selain itu, sambal balado harus kamu masak hingga matang agar tidak langu.

Holycow! Ready to Eat Dendeng Balado

Nikmati cita rasa otentik khas Sumatera Barat dengan dendeng balado praktis dari Steak Hotel by Holycow! Kami hanya menggunakan daging sapi premium berkualitas, sehingga kamu tetap mendapatkan pengalaman kuliner tanpa repot memasak dari nol. 

Cara membuatnya juga mudah—tinggal dipanaskan saja di microwave atau menggunakan pan. Yuk, pesan Dendeng Balado Ready to Eat sekarang dari Holycow dan nikmati resep dendeng balado otentik langsung dari dapur rumahmu!

Leave a comment

All comments are moderated before being published