Home Story Tips Persiapan Liburan untuk Pengalaman yang Lebih Menyenangkan

Tips Persiapan Liburan untuk Pengalaman yang Lebih Menyenangkan

Berlibur adalah momen yang cukup ditunggu-tunggu. Tapi kamu perlu melakukan persiapan liburan yang matang agar liburanmu lancar dan terasa lebih menyenangkan. 

Selain menentukan destinasi dan packing benda-benda penting, kamu juga perlu menyiapkan budget dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu harus menyimak tips persiapan liburan berikut ini agar perjalananmu berkesan dan liburan pun makin seru.

1. Tentukan Destinasi Jauh Hari Sebelumnya

Hal pertama yang harus kamu tentukan ketika merencanakan liburan adalah destinasinya. Destinasi wisata ini menentukan banyak hal, termasuk perlengkapan yang harus dibawa saat liburan

Misal, kamu akan mengunjungi tempat yang dingin. Dengan menentukan tujuan wisata, kamu bisa membawa pakaian yang mendukung liburanmu. 

Selain itu, destinasi wisata ini akan membantumu memesan tiket pesawat, menentukan di mana akan menginap, memikirkan transportasi selama liburan, dan lain sebagainya.

2. Buat Rencana Perjalanan yang Jelas

Rencana perjalanan adalah bagian yang cukup krusial dalam mempersiapkan trip, baik sendirian maupun bersama keluarga. Lalu apa saja yang harus kamu pertimbangkan dalam membuat rencana yang satu ini?

  • Kamu bisa mulai dengan menentukan transportasi apa yang akan kamu gunakan – apakah akan menggunakan pesawat, kereta, bus, atau mobil pribadi? Jika kamu akan menggunakan angkutan umum, sebaiknya kamu segera memesan tiket agar tidak kehabisan.
  • Kemudian, kamu harus memastikan penginapan liburan. Selain hotel, kamu akan menemukan villa dan apartemen – tergantung di mana kamu akan liburan
  • Poin berikutnya adalah kegiatan yang akan kamu lakukan selama liburan. Jika perlu, kamu bisa membuat daftar destinasi wisata yang akan kamu kunjungi dan aktivitas apa saja yang mau kamu lakukan.

Lebih dari apapun, membuat rencana perjalanan yang terperinci akan membantumu memaksimalkan waktu selama liburan. Selain itu, kamu bisa menghindari masalah seperti kehabisan tiket, tidak dapat penginapan, dan lain sebagainya.

3. Bagaimana dengan Budget?

Menetapkan budget liburan adalah persiapan berikutnya yang tidak boleh kamu anggap remeh. Selain membantumu mengatur keuangan dan meminimalisir pengeluaran berlebihan, kamu bisa mengalokasikan pengeluaran selama liburan untuk hal-hal yang memang penting. 

Lalu bagaimana cara mengelola bujet selama perjalanan?

  • Tentukan anggaran yang realistis untuk segala kegiatan yang kamu lakukan ketika liburan, termasuk belanja.
  • Sempatkan untuk riset tentang biaya hidup di tempat yang akan kamu tuju.
  • Telaten melihat dan membandingkan harga tiket serta akomodasi dari satu platform ke platform lainnya.
  • Buat daftar prioritas pengeluaran dan bawa cadangan dana untuk keperluan darurat.

Pastikan kamu tetap disiplin namun terbuka apabila ada perubahan selama perjalanan. Dengan merencanakan anggaran dengan matang, kamu bisa mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan.

4. Packing

Persiapan packing liburan bukanlah hal yang bisa kamu kerjakan asal-asalan. Kamu bisa mengikuti tips berikut agar perjalanan lebih nyaman dan efisien.

  • Buat daftar barang yang perlu kamu bawa, terutama baju yang sesuai dengan aktivitas selama liburan. Jangan lupakan juga obat-obatan.
  • Pastikan kamu membawa tas yang sesuai dengan kebutuhan. Jika perlu, kamu bisa terapkan cara melipat pakaian yang efisien.
  • Apabila kamu akan menggunakan transportasi umum, pastikan kamu memperhatikan ketentuan berat dan ukuran.

5. Bawa Dokumen Penting

Dokumen perjalanan menjadi hal yang penting, apalagi kalau kamu pergi ke luar negeri dengan menggunakan transportasi umum. Seperti paspor dan visa, serta asuransi perjalanan, menjadi hal yang perlu kamu siapkan jauh hari sebelumnya. 

Selain itu, pastikan kamu memesan tiket sesuai jadwal dan pahami informasi terkait transportasi tersebut.

6. Perhatikan Keamanan

Menjaga keamanan adalah hal yang penting di mana pun kamu berada. Kamu bisa mulai dengan menyiapkan di mana akan menyimpan barang berharga selama liburan. 

Selain itu, pastikan kamu selalu berhati-hati terhadap scam yang bisa terjadi di mana saja. Pastikan sumber yang kamu gunakan selalu terpercaya. 

Agar lebih aman, jangan ragu untuk menggunakan kunci tambahan untuk barang-barang bawaanmu. Selain itu, kenali dan patuhi aturan lokal agar liburan semakin nyaman.

7. Bawa Bekal Perjalanan

Membawa bekal selama perjalanan akan membuat liburan lebih praktis, terlepas dari kamu memilih kendaraan pribadi atau angkutan umum. Selain menghemat waktu, kebersihan bekal lebih terjamin dan porsinya sesuai dengan kebutuhan. 

Bahkan kamu bisa makan tepat waktu dan di mana saja – tidak perlu repot mencari rumah makan dan mengantre.

Nah, sekarang ini kamu bisa menikmati menu Ready To Eat dari Holycow Steak. Setiap paketnya bisa langsung kamu nikmati dengan nasi hangat. Menu-menu yang bisa kamu bawa untuk bekal antara lain:

  • Dendeng Balado, lengkap dengan sambal balado.
  • Ayam Bakar Kecap, lengkap dengan sambalnya.
  • Ayam Ungkep Goreng Bumbu Terasi, yang hadir dengan sambal balado terpisah.
  • Empal Gepuk.

Liburan adalah hal yang menyenangkan. Dengan mengikuti beberapa poin untuk persiapan liburan di atas, hari-hari liburmu pasti akan semakin berkesan. Selain itu, jangan lupa bawa bekal dari Holycow Steak yang bisa kamu makan di mana saja!

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published