Home Story 10 Inspirasi Makanan Khas Lebaran yang Enak & Ikonik

10 Inspirasi Makanan Khas Lebaran yang Enak & Ikonik

Idulfitri, atau yang di Indonesia dikenal dengan istilah Lebaran, adalah salah satu momen tahunan yang paling ditunggu oleh umat Islam. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di hari penting ini, termasuk menyantap makanan khas Lebaran. Pilihannya beragam dan rasanya pasti enak. 

Biasanya kamu akan menyantap menu khas Lebaran di pagi hari sebelum berangkat salat Ied. Hal ini agar kamu punya energi lebih untuk melakukan aktivitas lain yang tidak kalah penting. Misalnya seperti bersilaturahmi dan bermaaf-maafan dengan keluarga besar dan tetangga di sekitar rumah. 

Jadi, sudah siap untuk mengetahui apa saja menu Lebaran khas daerah dan yang sedang kekinian di zaman sekarang? Berikut adalah daftarnya!

1. Ketupat

beberapa buah ketupat di atas piring merah

Kurang afdol rasanya jika kamu menyambut Idulfitri tanpa adanya ketupat. Bahkan, makanan khas Lebaran dari beras yang satu ini kesannya wajib ada di meja makan sejak takbiran berkumandang. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat ada filosofi mendalam di baliknya. 

Jika ditilik dari etimologinya, kata dasar dari kudapan ini adalah “kupat” yang berasal dari bahasa Jawa dan Sunda. Arti dari kata tersebut adalah “ngaku lepat” atau “mengaku salah”.[1] Sesuai dengan tradisi maaf-maafan ala Lebaran, bukan? 

2. Rendang

semangkuk rendang di sebelah ketupat

Bergerak ke Pulau Sumatera, ada rendang yang tidak kalah unik sebagai menu Idulfitri, tepatnya di Tanah Minang. Makanan ini terbuat dari daging kerbau, yang menjadi hewan penting untuk anggota Suku Minangkabau. Kehadirannya sudah lama ada, setidaknya sejak abad ke-16 Masehi.[2]

Pada zaman dulu, ada banyak orang Minang yang merantau sambil membawa rendang, karena sifatnya yang tahan lama. Sejak saat itu, makanan ini mulai dikenal oleh seluruh orang Nusantara. Kehadiran makanan ini juga hampir selalu ada di momen penting, termasuk momen Idulfitri. 

3. Sayur Labu

beberapa piring sayur labu

Tidak hanya daging, kamu juga perlu menyantap sayuran agar gizi lebih seimbang. Satu di antara sekian menu sayur yang bisa kamu coba di momen ini adalah sayur labu. Bahkan, menurut catatan sejarah, labu adalah salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW.[3]

4. Opor Ayam

semangkuk opor ayam dan telur

Makanan yang tidak kalah enak dan ikonik di momen Idulfitri adalah opor ayam. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab makanan khas Lebaran Jawa ini punya filosofi yang cukup mendalam. Sebab, ada kehadiran santan di dalam hidangan opor yang merupakan simbol permintaan maaf yang tulus. 

5. Soto Bandung

semangkuk soto bandung di atas meja

Jika kamu ingin mencoba makanan khas Lebaran Sunda, soto bandung bisa kamu coba. Campuran lobak, kacang dan daging sapi ini punya rasa yang segar dan cocok untuk kamu santap dengan ketupat. Terlebih, jika kamu sedang mencari inspirasi menu Lebaran tanpa santan

6. Sambel Goreng Kentang dan Ati

sepiring sambel goreng kentang dan ati

Rasanya ada yang kurang jika kamu melewatkan momen Lebaran tanpa menyantap sambel goreng kentang dan ati. Sensasi rasa yang sedikit pedas bisa membuat rasa ketupat menjadi lebih enak. Rasanya akan terasa lebih mantap jika kamu menyampurkannya dengan opor ayam. 

7. Ikan Bumbu Gulai

sepiring ikan bumbu gulai

Selain daging merah dan daging ayam, ikan pun bisa jadi sumber protein pilihan untuk menemani momen Idulfitri. Kamu pun bisa memasaknya dengan bumbu gulai. Popularitas makanan ini juga tidak perlu diragukan lagi, terutama di daerah Timur Indonesia dan daerah pesisir. 

8. Nastar

beberapa nastar di atas toples dan selai nanas

Tak hanya makanan berat saja yang perlu kamu persiapkan menjelang Idulfitri, namun juga camilan. Satu di antara sekian pilihan yang paling populer adalah nastar. Kue kering ini punya cita rasa yang manis dan gurih. Selai nanas di dalamnya juga berhasil membuat rasanya semakin enak. 

9. Kue Kering Matcha

beberapa kue kering matcha di atas meja

Butuh angin segar karena bosan dengan kue kering tradisional? Kamu bisa mencoba membuat kue kering kekinian seperti kue kering matcha. Sama seperti namanya, kue ini menggunakan campuran matcha bubuk di dalamnya. Hal ini membuat ada cita rasa pahit yang enak dan menggigit. 

10. Rawon

semangkuk rawon dan sepirimg nasi

Belum Lebaran rasanya jika kamu belum mencicipi rawon. Makanan khas Jawa Timur ini bahkan sudah eksis sejak tahun 901 Masehi silam. Rasanya sudah pasti enak dan ikonik, itu kenapa makanan ini bisa eksis hingga saat ini. Kamu pun akan sering menemukannya di hari-hari penting seperti Idulfitri. 

Hanya saja, cara membuat rawon itu memang sulit dan tricky karena rentan gagal. Untungnya, kini sudah ada menu baru dari Holycow, yaitu Wagyu Rawon Steak yang bisa kamu nikmati dengan lebih mudah. Tidak hanya mudah, rasanya juga enak karena terbuat dari daging Australian Wagyu Chuck Eye Roll MB5. 

Tidak hanya dagingnya saja yang berkualitas, namun bumbu, saus, dan komplemen lainnya juga pasti punya rasa yang mantap. Makanan ini bisa jadi inspirasi hidangan tradisional sekaligus kekinian yang bisa kamu coba. 

Jadi, sudah siap untuk mencoba makanan khas Lebaran enak dan mewah dari Holycow? Jika sudah, jangan lupa untuk mampir ke TKP Holycow terdekat setelah selesai bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Nikmati rasa unik rawon yang disajikan ala Molecular Gastronomy ini di momen Lebaran!

Leave a comment

All comments are moderated before being published