Home Story 6 Tips Diet Saat Puasa, Catat Agar Hasilnya Lebih Maksimal!

6 Tips Diet Saat Puasa, Catat Agar Hasilnya Lebih Maksimal!

Pada dasarnya, salah satu tujuan puasa adalah untuk menahan hawa nafsu, baik itu nafsu makan maupun nafsu lainnya. Karena itulah bulan puasa bisa menjadi ajang yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Jadi, tidak heran jika ada banyak orang yang ingin tahu apa saja tips diet saat puasa

Hal ini karena, meski kamu hanya makan dua kali sekali selama bulan Ramadan, terkadang berat badan malah bertambah dan sama sekali tidak berkurang. Maka dari itu, perhatikan cara puasa agar berat badan turun drastis dan hasilnya maksimal. Pastinya, dengan cara yang tepat dan sehat.

Berikut adalah beberapa tipsnya!

1. Tetapkan Jam Makan dan Ikuti dengan Konsisten

jam, segelas air, dan sepiring buah

Tahukah kamu jika kunci utama diet adalah konsistensi? Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa waktu makan bisa menjadi strategi diet yang efektif untuk memerangi obesitas, diabetes tipe 2, dan juga penyakit kardiovaskular.[1] Uniknya, hal ini bisa dengan mudah kamu lakukan ketika puasa.

Jadi, jika kamu ingin tahu apakah puasa bisa menurunkan berat badan dengan cepat, jawabannya adalah bisa. Kuncinya adalah menetapkan jam makan dan mengikutinya dengan konsisten. Misalnya, kamu makan dari jam 03:30 - 04:00 untuk sahur dan 6:30 - 07:00 untuk buka puasa di setiap harinya. 

Sebagai tips, hindari untuk skip sahur saat diet di bulan puasa. Hal ini agar tubuhmu tetap sehat dan bertenaga saat berpuasa hingga magrib.

2. Hindari Tidur Tepat Setelah Makan

orang yang tidur setelah makan

Sebelum mengatur jam makan diet ketika puasa, jangan lupa untuk melihat jam tidur juga. Hindari langsung tidur tepat setelah kamu selesai makan karena hal ini bisa menambah berat badan. Alasannya adalah karena makanan akan lebih lambat bergerak dan dicerna ketika kamu tiduran.

Selain itu, karena tubuh mempunyai jam biologis, tubuhmu akan lebih efisien dalam mencerna, menyerap, dan juga memetabolisme makanan di siang hari.[2] Hal inilah yang membuat sebagian besar rencana diet gagal total ketika puasa karena berat badan malah naik dan tidak turun meskipun porsi makan dikurangi. 

Sebagai tips tambahan, tunggu 2-3 jam sebelum kamu tidur setelah makan. Kamu bisa menyibukkan diri dengan beribadah dan melakukan pekerjaan domestik rumah tangga agar tidak ngantuk setelah sahur dan buka puasa.

3.  Perbanyak Konsumsi Air Mineral

orang yang sedang minum air mineral

Sebenarnya, cara menurunkan 5 kg dalam 1 minggu saat puasa itu bukan tidak mungkin untuk kamu capai. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan harian. Sebagai informasi, kamu akan perlu meminum 2 liter air mineral per hari. Jadi, tetap patuhi aturan itu selama bulan puasa. 

Meskipun kamu tidak dapat minum di siang hari, kamu tetap bisa melakukannya di waktu sahur dan di malam hari. Bahkan, ada banyak bukti yang mendukung bahwa air mineral bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena air bebas akan kalori namun tetap bermanfaat untuk hampir semua sel tubuh.[3]

4. Pastikan untuk Tetap Berolahraga

orang yang sedang jogging

Pada dasarnya, diet puasa tanpa olahraga itu hampir tidak mungkin untuk kamu lakukan. Selain tidak mungkin terjadi, cara ini juga sangat tidak sehat. Terutama jika cara diet kamu hanya mengurangi makanan secara ekstrem atau tidak makan sama sekali. 

Jadi, pastikan untuk tetap melakukan olahraga meskipun kamu sedang puasa. Agar ibadah tidak terganggu bisa melakukan olahraga kecil, seperti jalan santai atau jogging di pagi atau sore hari. 

5. Berhenti Menyantap Makanan Sebelum Kenyang

orang yang sedang makan

Kunci lain yang perlu kamu catat untuk mengurangi berat badan adalah berhenti menyantap makanan sebelum kenyang. Hal ini karena sel-sel yang ada di dalam sistem pencernaan telat mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu sudah kenyang. Pada akhirnya, kamu makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. 

6. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Protein

sepiring steak

Terakhir, jangan lupa untuk makan makanan yang padat nutrisi. Bagi kamu yang belum tahu makanan apa yang bagus untuk diet, salah satunya adalah daging merah. Hal ini karena daging memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Di samping itu, makanan ini juga rendah karbohidrat namun tetap mengenyangkan.

Tidak hanya diet-friendly, daging merah juga terkenal sehat dan enak. Karena itu, untuk menyantap daging halal dengan kualitas terbaik, kamu bisa berkunjung ke restoran Holycow saat berbuka puasa. Di sini, kamu bisa menemukan steak dan santapan Carnivore lain dengan protein dan serat yang masih terjaga. 

Selain di restoran, kini kamu juga dapat menikmati daging berkualitas dari Holycow di rumah. Sebab, kini sudah ada frozen meat Holycow yang bisa kamu pesan secara langsung di Holycow Meatshop

Sebagai tips diet saat puasa, kamu bisa memilih bagian sirloin karena rendah kandungan lemak. Pilihan dagingnya pun sangat beragam, mulai dari Australian Steak, Black Angus, hingga Wagyu. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba daging halal dan berkualitas dari Holycow sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published