Home Story Mengapa Pappardelle Jadi Pilihan Pasta Favorit Pecinta Kuliner?

Mengapa Pappardelle Jadi Pilihan Pasta Favorit Pecinta Kuliner?

Pappardelle adalah salah satu pasta populer di kalangan pecinta kuliner, di samping spaghetti dan fettuccine. Umumnya, hidangan ini tersaji dengan saus yang kaya. 

Bentuk lebar dan tekstur kenyalnya menyerap saus dengan sempurna, sehingga setiap gigitan mengantarkan cita rasa. Ingin tahu lebih banyak tentang keunikan dan kelezatan kuliner yang satu ini? Yuk, simak lebih lanjut.

Mengenal Pappardelle: Sejarah dan Perkembangannya

Ragam pasta berbagai ukuran

Berasal dari Tuscany, Italia, jenis pasta yang satu ini sangat unik. Seperti pita lebar dan umumnya berukuran sekitar 3 cm, cukup mudah mengenali jenis pasta ini. 

Nama “pappardelle” sendiri berasa dari kata kerja dalam bahasa Italia “pappare” yang berarti “melahap dengan nikmat”. Istilah ini tentu saja menggambarkan betapa lezatnya hidangan ini, sehingga masyarakat memakannya dengan lahap.

Sebelum populer seperti sekarang, makanan ini melewati lini waktu yang cukup panjang. Sejarah pappardelle bermula di abad ke-14 ketika masyarakat Tuscany membuat adonan berbahan dasar telur, sehingga rasanya lembut dan bertekstur kaya. 

Penyajiannya juga dengan berbagai saus yang kental dengan bahan dasar daging buruan—bisa saus daging babi hutan maupun daging rusa, tergantung musimnya.

Baca Juga: 13 Bumbu dan Saus yang Cocok Untuk Steak Daging Sapi

Namun, setiap wilayah di Italia memiliki ciri khas tersendiri dalam menghidangkan pasta ini. Apabila Tuscany menyajikannya dengan saus daging buruan, daerah lainnya ada yang menyajikannya dengan jamur liar atau sayuran lainnya.

Saat ini, pappardelle pasta telah menyebar dan menjadi populer di seluruh dunia. Bahkan, banyak restoran di luar Italia yang menawarkan makanan ini dengan berbagai variasi saus yang sesuai dengan selera lokal. 

Hal ini juga menegaskan bahwa pappardelle bukan hanya simbol kelezatan kuliner Italia tapi juga pilihan favorit di banyak negara.

Pappardelle dan Keunikannya

Jenis pasta ini memiliki ciri unik, sehingga berbeda dari pasta-pasta lainnya. Berikut adalah beberapa keunikannya.

1. Lebar seperti Pita

Berbagai macam pasta di atas piring kayu

Bentuk pastanya seperti pita dengan lebar hingga 3 cm, jauh lebih lebar daripada fettuccine maupun tagliatelle. Bentuknya yang lebar ini juga membuat pasta menyerap saus dengan lebih baik, sehingga setiap gigitan terasa lebih kaya.

2. Tekstur Kasar

Daun basil di atas masakan pappardelle

Permukaan pappardelle cenderung lebih kasar, sehingga saus menempel di sana dengan baik. Adonan telur membuatnya memiliki tekstur yang khas, rasa lembut serta kompleks, dan mengenyangkan.

3. Menyerap Saus dengan Baik

Pappardelle dengan keju dan salami

Bentuk yang lebar dan tekstur yang kasar membuat pappardelle ideal disajikan dengan berbagai macam saus yang kental, seperti ragù atau bolognese. Makanya, pasta pappardelle ideal untuk hidangan yang membutuhkan pasta yang bisa menahan rasa saus yang kaya.

4. Bisa dengan Berbagai Saus

Pappardelle di atas piring dengan beragam saus

Menggandengkan pappardelle dengan saus daging adalah pilihan tepat. Namun, kamu juga bisa menikmatinya dengan saus krim dan sayuran yang gurih serta lebih ringan. Bahkan, pappardelle saus tomat juga bisa menjadi pilihan simpel.

5. Sejarah yang Kaya

Pasta lebar dengan saus hijau

Kuliner ini memiliki asal-usul yang kaya, bahkan telah menjadi tradisi dari generasi ke generasi. Setiap daerah di Italia juga memiliki variasi unik dalam menyajikan pasta ini.

Baca Juga: Beef Stroganoff Adalah: Sejarah dan Rahasia di Balik Keunikannya

Berbagai keunikan ini membuat pappardelle dengan daging favorit pecinta pasta. Kamu tidak hanya makan pasta, tapi juga mengapresiasi cerita dan sejarah di baliknya. Selain itu, bahan telur pada adonannya membuat pasta ini jauh lebih lembut daripada jenis pasta lain yang tidak menggunakan telur.

Pappardelle Bolognaise di Steak Hotel by Holycow!

Pappardelle Bolognaise

Sekarang kamu bisa menikmati pasta gourmet pappardelle di Steak Hotel by Holycow! Melalui Pappardelle Bolognaise, kami menggabungkan pasta yang populer ini dengan saus bolognaise yang lezat. 

Bentuknya yang lebar dan teksturnya yang kasar berhasil menyerap saus bolognaise dengan sempurna, sehingga setiap gigitan yang tiba di mulutmu menghantarkan sensasi kelezatan yang menggugah.

Pappardelle gourmet yang kami gunakan berpadu saus bolognaise berbahan dasar daging sapi premium. Semua ini dimasak dengan tomat segar, bawang putih, dan rempah-rempah pilihan spesial Holycow.

Baca Juga: 12 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi untuk Kesehatan

Lebih dari apapun, Pappardelle saus Bolognaise adalah pilihan tepat sebagai hidangan utama yang mewah, namun nyaman di lidah. Ideal untuk makan siang atau makan malam. Bahan berkualitas dan penyajian yang sempurna menjadikan menu ini pilihan tepat untuk pecinta pasta dan meat lovers.

Kunjungi Holycow! TKP Terdekat

Pappardelle adalah pasta yang menawarkan kelezatan dan keunikan sejak pandangan pertama. Bentuk yang pipih dan lebar serta tekstur yang sedikit kasar menjadikan pasta ini efektif menyerap saus, terutama yang kental dan berat. 

Menu Pappardelle Bolognaise dari Holycow! menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan, melalui rasa kaya dari saus bolognaise yang sedap. Kami menyajikan menu ini dengan kualitas bahan terbaik dan penyajian yang sempurna. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba menu spesial ini dan rasakan sendiri kenikmatan pasta pappardelle dengan saus berbahan dasar daging sapi premium. Kunjungi Holycow! TKP terdekat dan nikmati pasta spesial kami sekarang!

Leave a comment

All comments are moderated before being published