Home Story Tokusen: Daging Wagyu dengan Cita Rasa Unik yang Wajib Kamu Coba

Tokusen: Daging Wagyu dengan Cita Rasa Unik yang Wajib Kamu Coba

Tokusen merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan daging premium, khususnya ketika bicara Wagyu. Wagyu sendiri populer akan marbling yang sempurna serta rasa yang kaya dan tekstur lembutnya. 

Nah, Tokusen sendiri mengacu pada potongan daging pilihan dari kualitas istimewa. Lalu, apa yang membuat Tokusen spesial? Bagaimana cita rasanya? Temukan jawabannya di artikel ini!

Mengenal Tokusen dalam Dunia Kuliner

Daging dan pisau besar

Pengertian Tokusen adalah potongan daging pilihan dengan kualitas istimewa. Istilah ini digunakan untuk menyebut kategori daging Wagyu. Secara bahasa sendiri “Tokusen” berarti “pilihan spesial” dalam bahasa Jepang. 

Salah satu ciri khasnya adalah kualitas marbling yang sangat baik, sehingga teksturnya menjadi selembut mentega. Sensasi rasa yang berlapis yang ditawarkan oleh daging Tokusen membuat pecinta daging menyebutnya pengalaman kuliner yang mahal.

Istilah ini berawal dari masyarakat Jepang pada era Meiji (1868-1912) yang mulai membuka diri dengan kebiasaan makan daging. Pemerintah kala itu mengimpor berbagai jenis sapi dari Eropa untuk disilangkan dengan sapi lokal untuk mendapatkan daging sapi dengan kualitas marbling terbaik. 

Proses seleksi ini sangat ketat, sehingga hanya sapi yang marbling-nya sesuai kriteria saja yang lanjut dikembangkan—yang kala itu menghasilkan sapi Wagyu atau sapi Jepang.

Jepang kemudian memperkenalkan sistem meat grading yang ketat melalui Japaneses Meat Grading Association (JIMGA) yang menilai daging berdasarkan banyak aspek. Tokusen seringkali mencapai grade A5 yang superior dan sempurna dari marbling.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata ala Jepang di Indonesia yang Hits Banget!

Seiring waktu, Wagyu Tokusen menjadi simbol kemewahan dan kualitas dalam dunia kuliner. Makanya, tidak heran kalau penikmat kuliner daging sapi mengasosiasikan sensasi makan daging ini dengan pengalaman mewah.

Apa Keunikan Wagyu Tokusen?

Tidak sembarang Wagyu bisa mendapat predikat Tokusen. Daging ini memiliki serangkaian ciri khas yang membuatnya berbeda dari potongan daging lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang membuat potongan daging Tokusen berbeda.

1. Marbling Halus dan Merata

Daging Wagyu grade A5

Seperti disebutkan sebelumnya, Tokusen memiliki marbling yang sangat baik serta halus dan merata. Distribusi lemak ini menjadikan potongan daging lumer dan mengeluarkan rasa yang rich ketika dimasak.

2. Rasa yang Kaya

Potongan daging Wagyu

Profil rasa yang kaya serta rasa umami yang kuat membuat potongan daging ini berbeda dari daging-daging lainnya. Selain itu, ada note manis dan sedikit hint kacang di setiap gigitan. Kombinasi rasa ini muncul dari marbling yang mencair selama proses memasak sehingga rasanya unik.

3. Tekstur Lembut seperti Mentega

Daging segar di atas meja

Saking lembutnya, Tokusen Wagyu terasa seperti mentega. Hal ini bisa terjadi karena ketelitian yang tinggi bahkan sejak pemeliharaan sapi. Kelebutan daging ini membuat Tokusen mudah dipotong maupun dikunyah.

4. Pemeliharaan Sapi yang Ketat

Sekumpulan ternak sapi di padang rumput

Lingkungan pemeliharaan sapi terkontrol dengan ketat, bahkan mendapat pantauan langsung dari ahli gizi dan dokter hewan. Selain itu, proses pembiakannya melibatkan seleksi genetika sehingga kualitas marbling-nya optimal. 

Sapi-sapi dipelihara di lingkungan yang bebas stres untuk memastikan kualitas Tokusen yang benar-benar baik.

5. Standar Pengolahan Bersertifikasi

Daging steak dengan asparagus

Tidak sembarangan, dagingnya dipotong di rumah hewan yang memiliki standar higienis tinggi. Bahkan, pemotongannya menggunakan teknologi modern, vakum, dan pendinginan agar daging tetap segar serta dalam kualitas prima. 

Selain itu, prosesnya juga mengikuti sertifikat kendali mutu, seperti HACCP dan ISO untuk memastikan keamanan dan kebersihan produk.

Kombinasi rasa yang kaya dengan marbling sempurna dan tekstur lembut serta pemeliharaan yang ketat menjadikan Tokusen salah satu pengalaman kuliner terbaik. Kalau kamu pecinta daging, setidaknya kamu harus mencobanya sekali seumur hidup.

Tokusen Wagyu Tenderloin di Steak Hotel by Holycow!

Tokusen Wagyu Tenderloin di Steak Hotel by Holycow!

Kabar baiknya, kamu bisa mencobanya kapan saja di Steak Hotel by Holycow! Melalui Tokusen Wagyu Tenderloin, kami menghadirkan pengalaman kuliner istimewa untuk para pecinta steak di Indonesia. 

Menyajikan kelezatan daging Wagyu premium, menu ini menggunakan potongan has dalam atau tenderloin yang lembut serta marbling sempurna. Tentu saja, daging ini kami pilih secara khusus untuk memastikan setiap potongan memiliki kualitas tertinggi.

Baca Juga: 5 Perbedaan Sirloin dan Tenderloin, Mana Favorit Kamu?

Setiap gigitan dari Tokusen Wagyu Tenderloin menawarkan kombinasi rasa yang unik dan lezat. Selain itu, marbling yang halus memastikan daging tetap juicy dan lembut ketika dimasak. 

Apalagi popularitas daging Wagyu tidak perlu kamu ragukan lagi rasanya. Kami juga memastikan bahwa hidangan ini dimasak dengan hati-hati sehingga setiap potongan daging melewati proses pengolahan yang sempurna.

Kunjungi TKP Steak Hotel by Holycow! Terdekat

Tokusen menawarkan pengalaman kuliner yang memanjakan lidah dan juga menawarkan kelezatan Wagyu premium. Marbling sempurna dan kelembutan luar biasa adalah sensasi pertama yang kamu cicipi ketika mencoba gigitan pertama. 

Selain itu, menu ini memberikan rasa yang kaya dan berlapis, sehingga menjadi pilihan sempurna bagi penggemar steak.

Baca Juga: Jenis Daging Wagyu Berdasarkan Grade, Ras, dan Potongan

Yuk, coba sendiri kelezatan Tokusen Wagyu Tenderloin di Steak Hotel by Holycow! Dengan standar dan kualitas tinggi serta proses penyajian yang maksimal, kami memberikan pengalaman makan yang tak terlupakan. Kunjungi TKP terdekat dan nikmati keistimewaan Tokusen!

Leave a comment

All comments are moderated before being published