Home Story Cara Membuat Seblak & Tips Agar Rasanya Lebih Lezat

Cara Membuat Seblak & Tips Agar Rasanya Lebih Lezat

Hampir semua orang Indonesia, terutama generasi muda, pastinya sudah tahu tentang apa itu seblak. Bagaimana tidak, ketika popularitas hidangan khas Sunda ini terus naik dalam beberapa tahun belakangan. Jadi, tidak heran jika ada banyak orang yang berburu cara membuat seblak

Jika menilik dari sejarahnya, asal usul hidangan pedas ini tertulis di dalam buku Gastronomi Indonesia sebagai Identitas Budaya dan Daya Tarik Wisata. Konon katanya, seblak sudah ada di tanah Sunda sejak sebelum kemerdekaan. Alasannya karena masyarakat ingin menikmati kerupuk dengan cara lain selain digoreng. 

Pada saat itu, bahan dan cara membuat seblak sangat sederhana. Namun kini, ada banyak kreasi yang tersedia. Hal inilah yang membuat popularitasnya terus naik di kalangan anak muda. Jadi, sudah siap untuk tahu cara membuat seblak kerupuk dan tips-tips agar rasanya bisa lebih lezat? 

Cara Membuat Seblak

semangkuk seblak

 

Secara garis besar, resep seblak kuah sangat mudah untuk dibuat. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini! 

Bahan

  • Kerupuk aci/bawang/sesuai keinginan (200g). 
  • Telur (1 butir)
  • Air (2 gelas) 
  • Garam (secukupnya) 
  • Gula (secukupnya) 
  • Micin (secukupnya) 
  • Minyak goreng (secukupnya) 

Bahan Halus

  • Kencur (2 ruas) 
  • Bawang putih (2 siung) 
  • Cabe rawit (sesuai selera) 

Langkah-langkah 

  • Tuang minyak goreng ke dalam wajan. 
  • Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. 
  • Tambah air dan biarkan hingga mendidih. 
  • Masukkan garam, gula, dan micin, lalu koreksi rasa hingga terasa pas. 
  • Masukkan kerupuk dan masak hingga lembek, oseng-oseng beberapa kali agar tingkat kematangan merata. 
  • Jika kerupuk sudah agak lembek, masukkan telur. 
  • Diamkan telur hingga setengah matang, lalu hancurkan.
  • Jika kelembekan kerupuk sudah terasa pas, angkat dan sajikan selagi panas. 

Tips Agar Seblak Semakin Enak

Setelah mempelajari bagaimana cara membuat seblak sederhana, kamu pasti ingin tahu apa saja tips-tips agar rasa hidangan ini semakin mantap. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, seperti:

1. Langsung Masukkan Kerupuk dalam Kondisi Mentah

kerupuk mentah

 

Sebenarnya, sebelum memasak hidangan ini kamu bisa merendam kerupuk terlebih dahulu. Tujuannya agar tekstur kerupuk bisa cepat lembek. Hanya saja, cara ini membuang waktu terlalu banyak. Sebab, kamu bisa menghabiskan waktu 30-60 menit hanya untuk merendamnya saja. 

Sedangkan berapa lama kerupuk seblak direbus dalam keadaan mentah biasanya hanya memerlukan waktu 10-15 menit saja. Selain itu, kuahnya juga terasa lebih enak, terutama jika menggunakan kerupuk bawang. Namun, pastikan teksturnya sudah agak lembek sebelum kamu memasukkan bahan lainnya. 

2. Pastikan Bumbu Benar-Benar Matang Sempurna

semangkuk bumbu halus

 

Kesalahan lain yang sering orang lakukan ketika membuat hidangan ini adalah bumbunya yang kurang atau bahkan tidak matang. Hal ini bisa memberikan aftertaste yang aneh dan tidak enak. Karena itu, kamu perlu memastikan jika bumbunya sudah wangi dan berubah warna menjadi kecoklatan. 

Jumlah airnya pun bisa kamu sesuaikan dengan selera. Jika kamu suka seblak yang berkuah, maka tuangkan sekitar 2 gelas air ke dalam wajan. Namun, jika kamu lebih suka seblak yang nyemek, 1 gelas saja biasanya cukup. Jangan lupa untuk mengoseng-oseng kerupuk agar tak menempel ke wajan. 

3. Tambah Topping Agar Rasa Tidak Monoton

potongan daging

 

Terakhir, kamu bisa menambahkan berbagai topping agar rasanya tidak monoton. Jika kamu bertanya-tanya apa saja yang ada di dalam seblak, pilihannya sangat beragam. Kamu dapat menambahkan sawi, mie, siomay kering, tahu kering, bakso ayam atau sapi, sosis, ceker, tulang, dan lain-lain. 

Bahkan, kamu bisa merasakan sensasi baru makan seblak dengan cara menambahkan daging wagyu. Daging sapi asal Jepang ini terkenal punya kualitas terbaik dan premium. Pada umumnya, wagyu dinikmati dalam bentuk steak. Namun kini, sudah ada cara lain untuk menikmati daging berkualitas ini.

Menu seblak wagyu ini bisa kamu temukan dan nikmati di Steak Hotel by Holycow market Depok dan Bandung. Ini adalah Holycow yang asli dari founder Holycow Wynda Mardio. Kami hanya menggunakan daging premium yang berkualitas, jadi kamu tidak perlu khawatir soal rasa. 

Pastinya, kamu juga bisa memilih topping sesuai keinginan. Ada berbagai pilihan sayuran, seperti sawi, kangkung, caisim, kol, dan lain-lain. Pilihan kerupuknya pun sangat bervariasi, mulai dari kerupuk bawang, kerupuk ikan, dan kerupuk bintang. Ada juga batagor, siomay, cuanki, dan bakso-baksoan. 

Bagian yang paling penting adalah pilihan protein, yaitu wagyu beef tri tip MB 2 100 gram. Selain itu, ada pilihan lain seperti saikoro beef, sosis, ceker tanpa tulang, bone marrow, hingga kikil. Harganya pun terjangkau, yaitu mulai Rp1.000-an. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya dengan puas. 

Karena itu, selain mengetahui cara membuat seblak di rumah, kamu juga bisa datang ke Steak Hotel by Holycow market Depok dan Bandung untuk makan seblak. Rasakan sensasi baru dari perpaduan kuah pedas dan gurih seblak dengan daging wagyu yang lezat! Jadi, ayo coba sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published