Home Story Keunikan Kuliner Laut Indonesia: Mengapa Seafood Menjadi Favorit?

Keunikan Kuliner Laut Indonesia: Mengapa Seafood Menjadi Favorit?

Indonesia memiliki garis pantai yang luas dan ribuan pulau sehingga seafood menjadi makanan yang populer di negara kita ini. Tapi apa sebenarnya yang membuat hidangan laut segar sangat populer? 

Apakah karena tradisi maritim yang kaya, atau mungkin manfaat kesehatan yang luar biasa? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini.

Indonesia dan Tradisi Maritimnya

Laki-laki yang melempar jaring di laut

Memiliki lebih dari 17.000 pulau, Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Negara kita juga memiliki garis pantai yang sangat panjang, lebih dari 108.000 km. Sehingga akses ke berbagai jenis hidangan laut sangatlah melimpah. 

Apalagi kekayaan laut Indonesia memberikan manfaat ekonomi bagi rakyatnya. Maka dari itu, budaya kuliner masyarakat juga tidak jauh-jauh dari jenis makanan ini.

Menjadi negara maritim juga menjadikan masyarakat memiliki tradisi yang kuat dalam memanfaatkan ikan segar dan hasil laut lainnya. 

Kamu bisa lihat banyaknya komunitas pesisir yang menggantungkan hidupnya pada aktivitas menangkap ikan dan mengolah hasil laut. Bahkan, memancing dan memasak sari laut telah tertanam dari generasi ke generasi.

Dengan akses mudah ke seafood dan tradisi maritim yang kuat, tidak heran kalau masyarakat Indonesia sangat familiar bahkan menyukai kuliner laut. Bukan hanya memperkaya budaya kuliner, hal ini juga mendukung kesejahteraan ekonomi dan kesehatan masyarakat, terutama yang tinggal di pesisir.

Seafood dan Manfaat di Baliknya

Manfaat seafood yang kaya juga menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai hidangan dari laut ini. Berikut adalah beberapa hal menarik yang sari laut berikan untuk tubuh kita.

1. Nutrisi yang Kaya

Ikan dan seafood segar dengan tomat dan lemon

Sumber vitamin B kompleks dan D adalah makanan dari laut. Bahkan kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dari seafood, yang penting untuk memelihara fungsi otak dan sistem saraf. [1]

Baca Juga: 12 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi untuk Kesehatan

2. Melengkapi Kebutuhan Tubuh

Tampak atas hidangan kerang

Makanan yang berasal dari laut memiliki vitamin dan mineral yang lengkap. Tidak hanya bikin kenyang, komposisi nutrisi ini efektif dalam meningkatkan energi serta meningkatkan konsentrasi.

Bahkan sebuah penelitian dari SRAC (Southern Regional Aquaculture Center) menyebut bahwa seafood berpotensi mendukung kecantikan kulit dan rambut. [2]

3. Vitamin D

Hidangan udang di mangkuk keramik

Menjadi sumber vitamin D yang baik, tubuhmu mampu menyerap kalsium dengan lebih baik apabila kamu memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Dengan begitu, secara tidak langsung, seafood berpotensi mencegah osteoporosis karena memberikan kalsium yang tulang butuhkan. [2]

4. Kaya Kolagen

Sederet ikan di panggangan arang

Salah satu nutrisi ikan laut yang banyak diincar adalah kandungan kolagennya. Memberikan kolagen yang cukup, bisa meningkatkan elastisitas kulit sehingga tanda-tanda penuaan dapat dicegah. Selain itu, kesehatan jaringan ikat dan sendimu cukup bergantung dengan asupan kolagen. [3]

5. Asam Lemak Omega-3

Daging ikan laut segar

Ikan laut adalah sumber omega-3 yang kaya. Sebagai nutrisi esensial untuk mata dan otak, makan ikan laut adalah cara efektif untuk mengurangi peradangan serta mendukung fungsi kognitif yang sehat. Kabarnya juga menyehatkan jantung.[2]

Baca Juga: 8 Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat yang kaya dan rasa yang lezat membuat seafood menjadi pilihan banyak penikmat kuliner. Bahkan konsumsi secara teratur cukup baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makan Seafood di Steak Hotel by Holycow!

Kamu tidak salah baca—Steak Hotel by Holycow menawarkan opsi makanan laut untuk kamu yang ingin variasi selain steak. Bernama Holyfish, kami menyediakan hidangan laut premium dengan ingredients segar dan berkualitas.

Berikut adalah beberapa menu pilihan yang wajib kamu coba.

1. Mix Clam and Mussel

Hidangan aneka kerang di atas penggorengan

Kamu yang suka kerang-kerangan harus coba menu ini. Menggunakan kombinasi kerang dan remis yang dimasak dengan sempurna, hidangan ini tersaji dengan bumbu khas Holyfish. Kerang dan clam yang segar juga memberikan tekstur kenyal dan rasa laut yang otentik.

2. Seafood Party Tray

Seafood Party Tray

Apabila kamu datang ke Holycow ramai-ramai, Seafood Party Tray adalah menu yang harus kamu coba. Dalam hidangan ini kamu akan menemukan berbagai macam kerang serta udang dan cumi. Ada kepiting dan cumi serta squid juga.

3. Menu Rice Bowl

Rice Bowl Fried Barramundi

Sementara itu, kamu yang doyan nasi dan suka yang simpel, menu Rice Bowl adalah pilihan ideal. Tersedia berbagai lauk seafood yang segar dan gurih, seperti fried baby octopus, tiger prawns, dan juga ikan salmon.

Baca Juga: 12 Manfaat Ikan Salmon yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk menu tray akan disajikan dengan pilihan saus sesuai pilihanmu. Tentu saja, kamu bisa tambah nasi meskipun menikmati menu tray.

Lebih dari apapun, hasil laut menjadi bagian dari budaya kuliner di Indonesia. Bukan karena rasanya yang nikmat, tapi juga kandungan nutrisi yang kaya serta manfaat lainnya.

Kalau kamu mau menikmati seafood berkualitas, Steak Hotel by Holycow! menawarkan banyak pilihan seafood. Dengan menu seperti Mix Clam and Mussel, Seafood Party Tray, dan berbagai Rice Bowl, kamu tidak hanya makan enak tapi juga mendapat pengalaman kuliner yang sehat.

Baca Juga: Beragam Jenis Ikan Salmon dengan Rasa Terenak di Dunia

Yuk, kunjungi Steak Hotel by Holycow! sekarang dan coba menu Holyfish kami yang menawarkan kelezatan seafood otentik dan berkualitas!

Leave a comment

All comments are moderated before being published