Home Story Mengenal Daging Sapi Grass Fed, Pilihan Sehat dan Bergizi

Mengenal Daging Sapi Grass Fed, Pilihan Sehat dan Bergizi

Memilih daging berkualitas bukan hanya tentang memanjakan indera perasa, tapi juga investasi untuk kesehatan jangka panjang. Grass fed merupakan istilah kunci tentang konsumsi daging yang bertanggung jawab. 

Selain menjanjikan rasa yang lebih rich, daging sapi dengan pakan rumput juga hadir dengan nutrisi yang superior. Mari kita jelajahi lebih lanjut mengapa memilih daging sapi yang satu ini bisa menjadi keputusan yang jauh lebih baik.

Apa Itu Daging Sapi Grass Fed?

Seperti namanya, daging ini berasal dari sapi yang seluruh hidupnya mengkonsumsi rumput alami – tidak ada biji-bijian maupun pakan buatan lainnya. Selain memberikan gizi yang lebih baik bagi sapi, cara memberi pakan rumput ini merupakan cara pemeliharaan yang alami.

Apabila dibandingkan dengan sapi di peternakan grain, pertumbuhan sapi pemakan rumput memang lebih lambat. Hal ini terjadi karena kalori dari pakan mereka lebih rendah. 

Namun, karena ada masa di mana sapi-sapi ini berada di alam terbuka untuk makan, mereka bebas bergerak dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Perbedaan Grass Fed dan Grain Fed

Preferensi makanan bukan satu-satunya hal yang membedakan sapi ternak pemakan rumput dan pemakan grain. Berikut adalah perbedaan utama yang bisa Anda gunakan untuk perbandingan.

1. Beda Pakan, Beda Nutrisi

Seperti penjelasan sebelumnya, sapi grass fed mengkonsumsi rumput alami sepanjang tahun. Bahkan ketika musim dingin, peternak biasanya memberikan silase rumput atau hay. 

Sapi grain fed, di sisi lain, makan rumput di awal kehidupan lalu beralih ke jagung dan kedelai setelahnya. Hal ini yang membuat grain fed cattle lebih cepat besar dan marbling lebih baik.

Pakan tersebut juga berdampak pada nutrisi yang didapatkan oleh sapi-sapi ternak. Rumput memberikan fatty acid omega-3 yang kaya, conjugated linoleic acid (CLA), dan juga vitamin E. 

Konsumsi daging sapi pemakan rumput juga sekaligus berkontribusi pada kesehatan jantung dan meminimalisasi faktor resiko penyakit kronis lainnya. Sebaliknya, asam lemak yang ada pada grain fed tidak sebanyak sapi pemakan rumput. 

Dengan demikian perbandingan nutrisi grass fed dan grain fed menjadi salah satu faktor penentu perbedaan keduanya.

2. Perbedaan Rasa dan Tekstur

Tidak hanya gizi daging grass fed, rasa dan teksturnya juga menjadi faktor pembeda. Sapi pemakan rumput umumnya memiliki tekstur yang lebih padat karena lemak yang lebih rendah. Hal ini tentu membedakan rasa yang disajikan. Sementara itu, pemakan biji-bijian memiliki daging yang lebih lembut dan juicy.

3. Dampak Lingkungan dan Kesejahteraan Hewan

Metode pemeliharaan sapi dengan rumput dianggap lebih sustainable karena mengurangi resiko erosi tanah dan meningkatkan penyimpanan karbon di tanah. Hal ini sekaligus mendukung keanekaragaman hayati lokal.

Peternakan sapi yang menggunakan pakan grain, di sisi lain, membutuhkan lebih banyak input sumber daya. Mulai dari air dan pakan hingga energi, hal-hal tersebut meningkatkan jejak karbon dari produksi daging.

Dengan memberi makan rumput, sapi juga memiliki akses yang lebih luas terhadap ruang yang lebih bebas. Mereka bisa makan rumput di padang lepas sambil mengakses makanan alami. Hal ini tentu saja meningkatkan kesejahteraan hewan.

Sapi grain fed umumnya dipelihara dalam kondisi yang lebih compact. Tidak hanya membatasi gerak, hal ini berpotensi menimbulkan masalah pada kesehatan hewan.

Secara umum, daging sapi pemakan rumput lebih rendah lemak dan kalori, sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet tinggi protein dan rendah kalori tanpa mengorbankan selera. 

Hal ini juga menjadi alasan kenapa makan daging yang lebih lean ini berkontribusi positif terhadap kondisi jantung dan kesehatan yang lebih baik. 

Memahami perbedaan antara daging sapi yang pemeliharaan dengan pakan rumput dan grain membuat Anda memilih makanan dengan lebih terinformasi dan sesuai dengan preferensi personal.

Rekomendasi Menu: Grass Fed Sirloin dari Holycow

Grass fed

Photo by Holycow_id on X

Steak Hotel by Holycow mempersembahkan Grass Fed Sirloin. Berasal dari sapi yang makan rumput alami sepanjang tahun menjamin manfaat daging grass fed, seperti tekstur yang lebih padat dan rasa yang otentik.

Ini juga menjadi komitmen kami dalam mempersembahkan daging berkualitas dengan kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan baik untuk kesehatan.

Chef kami memastikan bahwa sirloin tersaji di meja Anda dengan kelembutan dan juicy yang mantap dalam daging. Kami menyajikannya khusus untuk menonjolkan karakteristik unik dari daging grass fed dan memastikan pengalaman makan yang tidak terlupakan.

Memilih makan daging dari sapi pemakan rumput lebih dari menikmati kelezatan pada setiap gigitan. Dengan begitu, Anda telah membuat pilihan bijak untuk kesehatan Anda dan juga kebaikan planet yang kita tinggal.

Dengan segala manfaat nutrisi yang ada, daging grass fed menjadi pilihan yang sempurna bagi siapa saja yang mencari makanan yang memuaskan tanpa mengorbankan kesejahteraan. 

Nikmati Grass Fed Sirloin di TKP Holycow terdekat dan rasakan perbedaan yang membuat daging sapi pemakan rumput begitu spesial. Grass fed bukan hanya pilihan – ini merupakan komitmen terhadap gaya hidup.

Leave a comment

All comments are moderated before being published