Home Story Mengenal Konsep 4 Sehat 5 Sempurna & Ragam Manfaatnya

Mengenal Konsep 4 Sehat 5 Sempurna & Ragam Manfaatnya

Bagi kamu yang tinggal di Indonesia, istilah 4 Sehat 5 Sempurna mungkin sudah tidak asing lagi, terutama jika kamu lahir di masa ketika pemerintah Indonesia gencar mempromosikannya sebagai panduan gizi seimbang. Kampanye ini berlangsung lama, yaitu dari sekitar tahun 1954 hingga 2014.

Pada tahun 2014, kampanye 4 Sehat 5 Sempurna digantikan oleh konsep yang lebih modern, yaitu Isi Piringku. Meski prinsip dasarnya mirip, Isi Piringku menekankan pembagian porsi yang lebih seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. [1] 

Selain Isi Piringku, ada pula konsep lain yang lebih relevan dengan kebutuhan masa kini yang mana sudah diterapkan di banyak negara, seperti piramida makanan. Piramida makanan memberikan panduan lengkap mengenai proporsi berbagai kelompok makanan, dari karbohidrat hingga protein, serta anjuran aktivitas fisik untuk mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Namun, masih banyak masyarakat yang tetap menggunakan 4 Sehat 5 Sempurna sebagai panduan gizi. Karena itu, penting untuk memahami lebih lanjut komponen dan manfaat dari berbagai panduan gizi yang ada!

Komponen-Komponen 4 Sehat 5 Sempurna 

Pastinya, ada banyak dari kamu yang penasaran tentang makanan 4 Sehat 5 Sempurna isinya apa saja. Karena itu, berikut penjelasannya! 

1. Makanan Pokok

beberapa jenis karbohidrat seperti beras, pasta, dan kentang

Pertama ada makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat utama bagi tubuh. Sebagian besar orang Indonesia mengenal nasi sebagai makanan pokok. Beberapa lainnya mengonsumsi sagu sebagai sumber karbohidrat utama. Ada juga orang yang lebih suka kentang, jagung, ubi, atau gandum.

Semua bahan makanan tersebut punya peran yang sama, yaitu sebagai sumber energi agar kamu punya tenaga dalam menjalankan aktivitas harian. Pada kampanye yang baru, yaitu Isi Piringku, kamu perlu mengisi piring dengan setidaknya 30% karbohidrat. 

2. Lauk Pauk

daging steak dan rosemary

Istilah lauk pauk di sini mengacu pada sumber protein. Kamu bisa mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan protein harian sesuai usia. Seorang pria dewasa membutuhkan setidaknya 0,75 g/kg berat badan, sedangkan wanita dewasa 0,84 g/kg berat badan. 

Jika sedang hamil, kebutuhannya akan bertambah menjadi 1 g/kg berat badan. Lalu, bagi anak-anak, kebutuhannya akan bervariasi, sesuai dengan masa pertumbuhan. Sebab, selain sebagai sumber energi, protein juga berperan sebagai pembentuk massa otot dan melakukan regulasi hormonal.[2]

Ada banyak pilihan protein yang bisa kamu konsumsi, mulai dari tahu, tempe, telur, hingga ikan. Ada juga daging merah dan daging putih yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti daging sapi, kambing, bebek, dan ayam. 

Sebagai informasi, salah satu manfaat daging sapi adalah untuk bantu atasi tekanan darah rendah. Karena itu, penting untuk mengonsumsi daging sapi sesekali. Terutama jika kamu punya hipotensi. Pada kampanye Isi Piringku, kamu setidaknya perlu 20% protein. 

3. Sayuran

beberapa jenis sayuran di dalam wadah

Jika makanan pokok dan lauk pauk berfungsi sebagai makronutrien, maka sayur 4 Sehat 5 Sempurna berperan sebagai mikronutrien. Hal ini karena di dalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jadi, kamu juga perlu mengonsumsi sayuran setiap hari. 

Pilihannya pun sangat banyak, mulai dari bayam, brokoli, kangkung, wortel, sawi, dan lain-lain. Kamu pun bisa membuat resep salad sayur, sup bening, tumis sayuran, dan berbagai menu lain. Sama seperti karbohidrat, kamu memerlukan setidaknya 30% sayuran di dalam piring. 

4. Buah-Buahan

beberapa jenis sayuran di dalam wadah

Secara garis besar, peran buah sama dengan sayuran, yaitu sebagai sumber vitamin dan mineral. Selain itu, buah juga kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. 

Pilihan buah 4 Sehat 5 Sempurna pun bermacam-macam, seperti manggis, buah naga, jeruk, apel, nanas, melon, semangka, mangga, dan lain-lain. Pada umumnya, kamu perlu 20% buah di dalam piring. 

5. Susu

susu yang sedang dituang

Terakhir, ada susu yang menjadi sumber lemak untuk tubuh. Selain itu, susu juga kaya akan kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin D dan bisa membantu tumbuh kembang karena baik untuk kesehatan tulang.[3] Hal ini juga berlaku untuk produk olahan susu yang lain, seperti keju, yogurt, dan seterusnya.

Manfaat 4 Sehat 5 Sempurna

anak yang meminum susu di depan sayuran

Setelah memahami berbagai konsep gizi, termasuk 4 Sehat 5 Sempurna, kamu juga perlu tahu manfaat dari penerapannya. Secara umum, konsep ini dapat membantu mencegah gizi buruk, menjaga berat badan ideal, memperkuat sistem imun, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Meski kini sudah ada konsep yang lebih modern seperti Isi Piringku dan Piramida Makanan, komponen penting dari konsep-konsep ini tetap serupa, salah satunya adalah daging. Mengonsumsi daging berkualitas secara berkala penting untuk memenuhi kebutuhan protein dan menjaga kesehatan tubuh. Untuk memasak steak yang sempurna, pastikan kamu menggunakan daging chilled berkualitas. Kamu bisa mendapatkan daging terbaik dari Steak Hotel by Holycow Meatshop, lengkap dengan bumbu steak dan pelengkap lainnya.

Memasak steak di rumah kini jadi mudah dengan Make Your Own Holycow Steak Set. Selain itu, kamu juga bisa datang langsung ke Steak Hotel by Holycow untuk menikmati sajian daging berkualitas. Dengan reputasi sebagai Holycow asli dari founder Wynda Mardio, kamu tidak perlu meragukan kualitas dan rasanya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati steak lezat dan sehat dengan Make Your Own Holycow Steak Set atau langsung datang ke restoran kami untuk mencicipi berbagai hidangan menarik!

Leave a comment

All comments are moderated before being published