Home Story Macam-Macam Diet: Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan!

Macam-Macam Diet: Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan!

Secara umum, masyarakat mengenal diet sebagai cara untuk kurus. Bagi sebagian besar orang, itu berarti kamu perlu memangkas porsi secara ekstrem. Namun bagi beberapa orang lain, kamu hanya tidak boleh menyantap santapan tertentu sama sekali. Hal inilah yang mendasari kehadiran macam-macam diet

Meskipun tujuan semua jenis diet bagi masyarakat umum itu sama, yaitu untuk menjaga berat badan ideal, namun sebenarnya manfaatnya lebih dari itu. Hal ini merujuk pada pengertian diet menurut WHO, yang mengartikannya sebagai pola makan sehat untuk membantu melindungi terhadap kekurangan gizi.[1]

Pengertian yang sama juga tertulis di KBBI, yaitu aturan makan khusus untuk tujuan kesehatan.[2] Jadi, tidak heran jika aturannya cukup beragam dan fleksibel, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kamu akan mempelajari tentang apa saja aturan-aturannya pada penjelasan di bawah! 

1. Intermittent

jam di atas meja

 

Aturan ini berkaitan erat dengan waktu. Sebab, kamu hanya boleh menyantap sesuatu di waktu-waktu tertentu. Namun, di waktu lainnya kamu tidak boleh menyantap apapun sama sekali. Secara garis besar, konsepnya mirip dengan saat puasa. Karena itu, kamu juga mengenalnya dengan intermittent fasting

Hanya saja, aturan waktunya tidak selalu dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Pada umumnya, orang-orang hanya makan selama 8 jam, yaitu pada pukul 09.00-17:00. Alasannya karena metabolisme tubuh akan melambat pada saat matahari terbenam. Hal ini membuat risiko obesitas berkurang.[3]

Selain obesitas, pola yang seperti ini membuat glukosa lebih sensitif terhadap insulin. Jadi, jika kamu punya diabetes tipe 2, intermittent bisa jadi salah satu pilihan yang terbaik. 

2. Keto

sepiring alpukat, telur, dan tomat

 

Ciri khas diet keto adalah mengganti sumber kalori utama. Jika tadinya kamu menggunakan karbohidrat, kini lebih mengandalkan lemak dan protein. Rasionya sekitar 55-60% lemak, 30-35% protein, dan 5-10% karbohidrat.[4] Jadi, tubuhmu akan memecah lebih banyak keton sebagai sumber energi daripada glukosa. 

Karena mengandalkan keton yang dapat memecah lemak, maka pola ini cukup efektif untuk membuat kamu kurus dengan cepat. Jadi, tidak heran jika popularitasnya terus naik dalam beberapa tahun belakangan. Selain itu, pola ini juga relatif aman dan sehat selama kamu tidak mengalami kondisi ketoasidosis.

3. Paleo

orang yang memberikan apel

 

Pilihan macam-macam diet untuk menurunkan berat badan lainnya adalah paleo. Istilah ini berasal dari kata Paleolitik, yang merupakan zaman batu sekitar 2 juta tahun yang lalu. Jadi, tidak heran jika kamu akan mengenal diet paleo dengan nama diet manusia gua.

Aturannya pun cukup simpel, yaitu dengan hanya mengonsumsi bahan santapan yang sudah ada di zaman batu, seperti gandum dan kentang. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh memasaknya. Sebab, kamu tetap bisa membuatnya menjadi roti, mashed potato, dan hidangan jenis lainnya. 

Kamu hanya perlu menghindari berbagai junk food dan heavily processed food yang kehadirannya tidak ada di zaman dulu. Alasannya karena selain agar cepat kurus, kamu juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit yang hanya ada di zaman sekarang dengan menerapkan pola ini.[5]

4. Mayo

berbagai sayuran dan buah di dalam wadah

 

Aturan ini dicetuskan oleh Mayo Clinic dengan tujuan untuk mempertahankan berat badan ideal seumur hidup. Caranya adalah dengan menyantap lebih banyak sayur dan buah dalam jumlah yang hampir tidak terbatas. Lalu, santap karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah cukup. 

Sedangkan untuk makanan manis yang mengandung gula, pada diet mayo kamu perlu menguranginya. Kamu bisa hanya mengonsumsi kurang lebih 1.200 kkal dengan pola ini, namun tetap merasa kenyang seharian.[6] Selain itu, jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga 30 menit per hari. 

5. Carnivore

daging di dalam piring

 

Pastinya, tidak sedikit dari kamu yang penasaran tentang apa itu carnivore diet. Ternyata, carnivore diet adalah aturan yang menyatakan jika kamu hanya bisa menyantap bahan yang berasal dari hewani saja. Ini adalah kebalikan dari diet vegan, yang hanya menyantap bahan yang berasal dari nabati. 

Beberapa jenis makanan yang bisa kamu santap adalah daging merah, daging unggas, telur, makanan laut, ikan, beberapa produk susu, dan air saja. Jadi, karena tidak ada asupan karbohidrat, tubuhmu akan mulai memproduksi keton untuk memecah lemak. Hal ini bisa membuat kamu cepat kurus.[7]

Jadi, sudah tahu diet mana yang paling cocok untuk kamu? Sebagai catatan, meskipun kamu ingin progresnya cepat, namun jangan lupakan nutrisi di dalam makanan yang kamu santap. Salah satunya adalah daging sapi. 

Secara garis besar, kandungan gizi daging sapi cukup lengkap. Kamu bisa menemukan protein, vitamin B12, zinc, selenium, niasin, zat besi, dan seterusnya. Jadi, kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi. 

Kamu pun bisa mendapatkan daging berkualitas di Steak Hotel by Holycow, yang merupakan Holycow yang asli dari founder Wynda Mardio. Bahkan, bukan hanya daging sapi saja yang bisa kamu temukan di sini, namun juga ayam dan ikan yang tidak kalah berkualitas. 

Jadi, kamu bisa datang ke Steak Hotel by Holycow terdekat untuk menunjang macam-macam diet sehat yang programnya sedang kamu jalankan. Jika kamu ingin memasak sendiri di rumah, kini sudah ada juga daging steak yang bisa kamu dapatkan di Steak Hotel by Holycow Meatshop. Ayo coba sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published