Home Story Tidak Harus Ekstrem, Kenali Cara Diet Sehat yang Efektif

Tidak Harus Ekstrem, Kenali Cara Diet Sehat yang Efektif

Progres diet yang cepat tentu saja menjadi idaman setiap orang. Bahkan, tidak jarang ada orang yang melakukan tindakan ekstrem agar bisa kurus dalam hitungan hari, contohnya seperti tidak makan sama sekali. Hal ini tentu saja perlu kamu hindari. Sebaiknya, cara diet sehat perlu kamu pilih. 

Alasannya sederhana, yaitu agar tubuh tidak kolaps karena kurang nutrisi dan tenaga. Sebab, sadar atau tidak, tubuh kamu tetap butuh makronutrien maupun mikronutrien setiap harinya. Tanpanya, tubuhmu akan melemah dan rentan mengalami infeksi. Kamu pun bisa lebih rentan sakit. 

Selain itu, diet ekstrem memang bisa membuat tubuh kurus dengan cepat. Hanya saja, bukan cuma massa lemak saja yang menyusut, massa otot juga akan ikut menghilang. Karena itu, pastikan kamu hanya mengikuti cara diet sehat alami namun tetap efektif seperti beberapa langkah berikut ini!

1. Kurangi Porsi Sedikit Demi Sedikit

satu piring makanan dengan porsi sedikit

 

Pada dasarnya, konsep dasar diet memang berputar di sekitar membatasi porsi ketika menyantap makanan. Namun, sebagai langkah awal diet bagi pemula, kamu hanya perlu mengurangi porsi sedikit demi sedikit. Tujuannya agar tubuh tidak kaget dan mulai terbiasa dengan porsi yang kamu santap. 

Misalnya, jika kamu biasa menyantap 18 sendok nasi, mulai kurangi satu sendok per 2-5 hari. Perlahan namun pasti, kamu akan terbiasa hanya menyantap 5-7 sendok saja dalam sekali makan dan tidak akan merasa lapar. Jika sudah terbiasa, kamu bisa mulai menerapkan pola diet keto dan memangkas karbo. 

Sebagai gantinya, kamu dapat mengandalkan protein dan lemak sebagai sumber energi utama. Sebab, kedua makronutrien tersebut bisa memproduksi keton yang mampu memecah lemak.[1]

2. Ganti Sumber Karbohidrat

kentang di dalam wadah

 

Sudah menjadi rahasia umum jika nasi putih adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hanya saja, kalorinya cukup tinggi, yaitu sekitar 130 kkal. Karena itu, ketika mulai menerapkan pola makan diet sehat, kamu bisa menggantinya dengan sumber karbo yang lebih rendah kalori. 

Pilihannya relatif beragam, seperti nasi merah (110,9 kkal/100g), ubi (85,8 kkal/100g) atau kentang (88 kkal/100g). Supaya tidak bosan, kamu bisa mengganti menunya setiap hari. Beberapa contohnya adalah nasi merah tanak, ubi kukus, mashed potato, potato baked, dan berbagai jenis menu lainnya.

3. Cukupi Air Mineral

dua gelas air mineral

 

Sadar atau tidak, air mineral punya peran yang penting bagi kesehatan. Karena itu, meminum air mineral dengan porsi cukup bisa menjadi cara diet sehat dan cepat yang ampuh. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa air putih bisa memberikan rangsangan simpatik yang membuat laju termogenesis meningkat. Hal ini berpengaruh pada metabolisme dan pengeluaran energi harian yang ikut mengalami peningkatan.[2] Hasilnya, berat badan bisa berkurang. 

Selain itu, konsumsi air mineral juga bisa menekan nafsu makan. Jadi, kamu tidak akan mudah merasa lapar ketika sudah meminum air mineral sesuai dengan kebutuhan harian. 

4. Terapkan Metode Intermittent

jam di atas meja

 

Jika kamu ingin tahu apa tips diet pemula, salah satunya adalah menerapkan intermittent fasting. Pada metode ini, kamu hanya diizinkan untuk makan sesuatu di beberapa waktu tertentu saja. Sedangkan di waktu lainnya, kamu tidak boleh menyantap apapun sama sekali. 

Konsepnya mirip seperti puasa, namun biasanya kamu dapat menyantap makanan di siang hari dan berhenti makan di malam hari. Biasanya, kamu perlu puasa 12 hingga 16 jam dan waktunya bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas harian.[3] Pilihannya yaitu di jam 08.00-16:00, 09:00-17:00, dan seterusnya. 

5. Pilih Santapan Sehat, Bergizi, dan Padat Nutrisi

orang yang memasak daging

 

Terakhir, jangan lupa untuk pilih santapan yang sehat, bergizi, dan padat nutrisi. Salah satu pilihannya adalah daging sapi. Hal ini mengingat kandungan gizi daging sapi yang sangat padat. Selain sebagai sumber protein, di dalamnya juga terdapat lemak, vitamin B12, zinc, zat besi, dan mineral penting lainnya. 

Karena nutrisinya yang kaya, kamu bisa menjadikan daging sapi sebagai sumber energi utama. Terutama jika kamu menerapkan carnivore diet. Secara garis besar, carnivore diet adalah pola makan yang hanya mengizinkan kamu mengonsumsi santapan yang berasal dari produk hewani saja. 

Namun, kamu perlu memastikan jika daging yang kamu santap halal dan berkualitas, seperti daging yang tersedia di Steak Hotel by Holycow. Karena merupakan Holycow yang asli dari founder Wynda Mardio, rasa dan kualitasnya sudah tidak perlu kamu ragukan. 

Kamu bisa menemukan pilihan menu dan pilihan daging yang beragam ketika berkunjung ke restoran Steak Hotel by Holycow terdekat di kota kamu. Bahkan, kini kamu bisa menikmati steak ala restoran di rumah dengan memesan daging steak di Steak Hotel by Holycow Meatshop

Karena mengonsumsi daging sapi termasuk cara diet sehat, kamu bisa memesan steak pilihanmu sekarang juga. Entah itu dalam bentuk hidangan langsung di restoran maupun dalam bentuk steak set di Meatshop yang tidak kalah lezat!

Leave a comment

All comments are moderated before being published