Home Story Minuman Konjac adalah Pilihan Sehat: Kenali Aneka Manfaatnya

Minuman Konjac adalah Pilihan Sehat: Kenali Aneka Manfaatnya

Di tengah banyaknya pilihan minuman kekinian yang ada seperti boba, minuman dengan konjac adalah salah satu alternatif minuman yang tidak hanya nikmat tapi juga sehat. Penasaran apa saja kehebatannya? Yuk, simak ulasannya di sini!

Apa yang Dimaksud dengan Konjac?

Umbi tanaman konjac

Konjac atau yang sering juga disebut sebagai konnyaku merupakan umbi-umbian yang banyak tubuh di Asia, terutama di Jepang, Korea, dan Cina. Di daerah tumbuhnya, umbi-umbian ini banyak diolah sebagai makanan bahkan obat. 

Nah, dalam minuman kekinian, konjac yang dimaksud adalah jelly konjac menjadi campuran dalam minuman. Jelly konjak terbuat dari apa?

Jelly konjac berasal dari tepung konjac yang orang masak dengan cermat hingga membentuk tekstur jelly yang kenyal. Sementara itu, tepung konjac adalah tepung yang dihasilkan dari umbi konjac yang diiris tipis, dikeringkan, dan digiling hingga menjadi bubuk halus yang siap digunakan.

Nah, berbeda dengan jelly dari gelatin, jelly konjac ini memiliki kandungan kalori yang lebih rendah.

Perbedaan Konjac dan Boba

Potongan jelly konjac dan boba

Memberikan tekstur yang hampir sama di mulut, yakni rasa kenyal dan chewy, konjac jelly sering kali orang samakan dengan boba. Namun, keduanya tidak sama, baik dari bahan baku hingga karakteristiknya.  

Terbuat dari tepung tapioka, boba tinggi akan karbohidrat. Hal ini berbanding terbalik dengan konjac jelly yang terbuat dari tepung konjac dengan karakteristik rendah karbohidrat. 

Sementara itu, dari segi tekstur, konjac jelly punya tekstur yang lebih ringan dan tidak alot, sehingga minuman dengan jelly ini lebih asik kamu nikmati.

Manfaat Konjac untuk Kesehatan

Potongan konjac jelly di atas piring

Masuk ke daftar 10 makanan tersehat menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia),[1] ini beberapa kelebihan mengkonsumsi konjac:

1. Mengurangi Sembelit

Konjac mengandung serat makanan bernama glucomannan yang membantu tubuh menyerap air lebih banyak di dalam perut dan usus, sehingga membentuk serat yang lebih besar. Serat inilah yang nantinya akan membantu kamu melancarkan buang air besar, sehingga bisa mencegah atau mengatasi sembelit. 

2. Mengatasi Jerawat 

Berbicara tentang glucomannan, salah satu komponen utama dalam konjac ini juga populer sebagai agen bioterapi yang efektif untuk mengatasi jerawat, baik yang ringan maupun sedang. Dengan mengonsumsinya, kamu dapat membantu meredakan jerawat dari dalam tubuh secara alami.[2]

3. Menekan Kolesterol

Tidak hanya bantu meredakan sembelit dan jerawat, glucomannan juga bisa mengurangi konsentrasi kolesterol jahat bahkan hingga 10%.[3]

Serat makanan ini mampu menekan LDL  dan  triglycerides yang jadi penyebab dari lonjakan kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol dan juga ekskresi asam empedu.

4. Mengurangi Berat Badan

Kesulitan menurunkan bobot tubuh? Memakan olahan dari tanaman konjac bisa menjadi solusinya!

Glukomanan memiliki kepadatan energi rendah dan sifatnya yang mengembang membuat perut terasa lebih penuh lebih lama. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dan makan lebih sedikit, yang pada akhirnya membantu mengurangi berat badan.[4]

5. Mengontrol Gula Darah

Efek kenyang yang lebih lama dari glukomanan turut berkontribusi pada pengendalian gula darah. Dengan asupan makanan yang berkurang, kadar gula darah dalam tubuh bisa lebih terjaga.

Kelebihan Minuman Konjac

Minuman dengan konjac jelly

Dibandingkan aneka minuman kekinian, minuman konjac menawarkan sejumlah keuntungan di antaranya:

1. Bukan dari Tepung Tapioka

Karena tepung tapioka rendah serat, konsumsinya yang berlebihan bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan perut kembung. Sebaliknya, konjac kaya akan serat yang membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

2. Nol Kalori

Makanan nol kalori memungkinkan kamu untuk makan dalam porsi yang lebih besar tanpa khawatir menambah asupan kalori. Ini sangat berguna bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal. 

3. Rendah Karbohidrat

Karena konjac memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, konsumsinya tidak akan menimbulkan lonjakan kadar gula darah yang ekstrim. Dengan kata lain, konsumsi minuman dengan konjac bisa menjadi pilihan tepat jika kamu ingin menjaga kestabilan kadar gula darah. 

Rekomendasi Menu Minuman Konjac dari Steak Hotel by Holycow!

Dua minuman dengan konjac jelly

Steak Hotel by Holycow! tidak hanya menyajikan steak istimewa dengan cita rasa khas steak ⁠Holycow yang asli racikan Wynda Mardio (Owner Steak Hotel by Holycow!). Steak Hotel by Holycow! juga siap memanjakan lidahmu dengan deretan minuman konjac jelly yang kaya rasa. 

Dengan berbagai pilihan rasa yang menggugah selera, kamu bisa menemukan kombinasi sempurna antara steak dan minuman sehat favoritmu dengan rasa buah-buahan.

Baca Juga: 5 Minuman Pendamping Steak yang Cocok Selain Wine!

Bisa jadi pilihan minuman menarik, ini beberapa menu konjac di Steak Hotel by Holycow!:

  • Jelly Konjac Watermelon

Kombinasi segar dari rasa semangka yang manis dan kenyalnya jelly konjac tidak hanya menyegarkan tenggorokan tapi juga kasih sensai unik di mulut ketika kamu minum. 

  • Jelly Konjac Peach

Rasakan sensasi juicy yang menari di lidahmu. Manis dan asamnya berpadu sempurna, menciptakan kesegaran yang tak tertahankan. Sementara itu, tekstur jelly konjac yang kenyal memberikan sentuhan unik pada setiap tegukan

  • Jelly Konjac Jeju Mandarin

Manjakan diri kamu dengan kelezatan minuman rasa jeruk jeju yang khas dan menyegarkan. Berpadu sempurna dengan tekstur kenyal jelly konjac, minuman ini akan  memberikan pengalaman minum yang berbeda dari yang biasa.

Baca Juga: Rasakan Segarnya Bir Pletok Mocktails di Holycow

Minuman konjac adalah minuman yang sayang banget buat kamu lewatkan di Steak Hotel by Holycow! Pastikan kamu catat di daftar wishlist, supaya tidak lupa pesan saat lagi menikmati steak favoritmu.

Leave a comment

All comments are moderated before being published