Home Story Pentingnya Work Life Balance dan Cara Mencapainya

Pentingnya Work Life Balance dan Cara Mencapainya

“Work life balance harus kamu capai. Dengan demikian kamu bisa merasakan nikmatnya bekerja dan menikmati kehidupan pribadi yang seimbang.”

Sudahkah kamu merasa work life balance saat ini? Atau justru merasa stres dan burnout karena pekerjaan dan kehidupan pribadi yang tidak seimbang?

Mungkin kamu belum tahu apa itu work life balance? Yuk cari tahu tentang hal ini hanya di sini.

Pengertian dan Pentingnya Work Life Balance untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Work life balance bisa diartikan sebagai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Yang dimaksud dengan seimbang adalah kamu masih mempunyai waktu untuk menikmati kehidupan pribadi setelah sibuk bekerja.

Pekerjaan dan kehidupan pribadi haruslah seimbang. Jika salah satunya lebih dominan, maka akan terjadi ketidakseimbangan yang bisa membuat kamu menjadi lebih stres.

Istilah keseimbangan dalam dunia kerja memang sudah sangat familiar terutama di kalangan Gen-Z. Tidak hanya Gen-Z saja, generasi milenial dan yang lainnya pun menginginkan hal yang sama yaitu keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Namun, sayangnya banyak yang masih belum merasa seimbang. Beban pekerjaan yang banyak membuat waktu untuk kehidupan pribadi berkurang. Bahkan, ada juga yang tidak ada waktu untuk kehidupan pribadi karena sibuk bekerja.

Contoh work life balance kamu masih bisa bersantai menikmati waktu luang untuk me time atau berkumpul dengan keluarga dan teman. Selain itu, kamu juga mempunyai waktu untuk menikmati gaya hidup, seperti menjalankan hobi atau gaya hidup.

Ketika keseimbangan ini didapatkan kamu tidak akan merasa stres atau burnout dengan pekerjaan. Kamu justru bisa menikmati kehidupan pribadi dan pekerjaan yang kamu jalani.

Manfaat work life balance ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental kamu. Kamu tidak akan merasa kelelahan karena pekerjaan menumpuk dan mental kamu juga tidak akan terganggu karena banyaknya beban pekerjaan.

Keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi juga akan berdampak bagus pada performa kamu. Kamu akan lebih produktif dan bisa memberikan kepuasaan pada perusahaan karena kinerja kamu yang bagus.

Cara Mencapai Work Life Balance

Apakah semua orang bisa mencapai keseimbangan ini? Tentu saja bisa. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan work life balance yang sempurna. Cara tersebut yaitu:

1 . Buat Jadwal Sedetail Mungkin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar pekerjaan dan kehidupan pribadi seimbang adalah membuat jadwal secara detail. Kamu bisa membuat jadwal rutin harian, mingguan, bahkan bulanan.

Mulailah dengan membuat jadwal bulanan lalu mingguan dan harian. Yang terpenting adalah membuat jadwal harian. Kamu bisa menuliskan semua aktivitas kamu dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi.

Dalam membuat jadwal ini sertakan pula jam pelaksanaannya. Misalnya saja pukul 05.00-06.00 bangun pagi, olahraga, dan membersihkan rumah, begitu seterusnya.

2. Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Agar kamu tetap bisa menikmati kehidupan pribadi, maka selesaikanlah pekerjaan tepat waktu. Hindari menunda-nunda pekerjaan, pasalnya menunda pekerjaan bisa membuang waktu percuma. Yang tadinya kamu bisa selesai di jam 4 sore, kamu harus lembur agar bisa menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Kamu juga harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Hindari membuang waktu secara percuma.

3. Sempatkan untuk Olahraga Rutin

Life balance artinya kamu bisa menikmati kehidupan pribadi tanpa harus mengganggu waktu bekerja. Untuk mencapainya kamu harus menyempatkan diri untuk olahraga rutin. Buatlah jadwal rutin untuk olahraga misal setiap pagi hari.

Tidak perlu olahraga yang berat, cukup jogging atau berjalan di sekitar lingkungan rumah saja. Yang terpenting adalah dilakukan secara rutin. Olahraga rutin sangat bagus untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

4. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Kamu juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Perbanyaklah untuk mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Hindari untuk makan junk food terlalu sering. Kamu bisa membatasi seminggu atau 2 minggu sekali untuk makan junk food.

5. Atur Waktu Tidur Sebaik Mungkin

Kamu juga harus mengatur waktu tidur sebaik mungkin. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, minimal 7-8 jam tidur di malam hari. Hindari terlalu sering begadang karena bisa berpengaruh pada semangat kerja dan kesehatan fisik kamu.

6. Atur Jadwal untuk Family Time dan Me Time

Untuk mencapai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan kamu juga perlu mengatur waktu untuk me time dan berkumpul bersama dengan keluarga. Kamu bisa agendakan setiap Minggu sekali untuk berkumpul dengan keluarga atau teman serta melakukan me time.

Untuk kumpul bersama dengan keluarga atau teman, kamu bisa pilih untuk nongkrong dan makan bersama di Holycow. Kamu bisa mengajak keluarga untuk menikmati steak daging premium di Holycow terdekat yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, Semarang, Pekanbaru dan Surabaya. Selain menunya yang enak-enak, suasananya pun sangat nyaman untuk berkumpul bersama.

7. Ambil Cuti Tahunan untuk Healing

Jangan lupa untuk mengambil cuti. Pastikan jatah cuti tahunan kamu gunakan dengan tepat untuk liburan. Liburan bisa membuat kamu  menjadi lebih rileks.

Bagaimana apakah kamu sudah menerapkan cara-cara ini untuk mencapai work life balance? Kamu bisa langsung praktekkan cara-cara ini agar dunia kerja dan kehidupan pribadi kamu menjadi seimbang. Dengan keseimbangan ini kamu bisa lebih produktif dan kesehatan fisik serta mental bisa tetap terjaga.

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published