Home Story Mengenal Dry Aged adalah : Proses, Cara, dan Kelebihannya

Mengenal Dry Aged adalah : Proses, Cara, dan Kelebihannya

“Dry aged adalah proses pembusukan daging. Proses ini akan membuat daging mempunyai tekstur yang lebih lembut dan rasa lebih istimewa.”

Pernahkah kamu mendengar tentang dry aged daging? Atau tahu jika steak daging dry aged lebih enak daripada yang biasa? Dry aged adalah salah satu teknik pengolahan daging sapi sebelum dimasak.

Apa itu dry aged dan apakah bisa dilakukan sendiri di rumah?

Dry aged sebenarnya sebuah teknik pengempukan daging secara tradisional yang akan membuat cita rasa daging lebih keluar. Teknik ini juga dikenal dengan teknik pembusukan daging. Tenang saja, walaupun namanya pembusukan namun cita rasa daging justru akan jauh lebih enak.

Ingin tahu proses dan cara melakukan dry aged daging dan apa saja kelebihannya? Mari simak ulasannya berikut ini.

Proses dan Cara Dry Aged Daging untuk Steakdaging yang sudah di dry aged

Teknik dry aged daging sudah ada sejak lama bahkan dari sebelum adanya kulkas. Di zaman dulu daging dry aged hanya perlu digantung dalam sebuah ruangan khusus dengan suhu yang rendah. Suhu minimal ruangan tersebut adalah 2o C dan suhu maksimalnya adalah 4o C.

Selain suhunya harus tepat, kelembaban ruangannya juga harus dijaga. Ruangan untuk dry aged haruslah yang lembab dan tidak boleh terlalu kering. Oleh karenanya, biasanya tersedia kipas khusus untuk membuat ruangan menjadi lembab.

Sebelum ada kulkas, cara dry aged daging adalah dengan menggantung atau meletakkannya dalam ruangan tersebut selama 28-120 hari. Selama proses ini daging nantinya akan semakin empuk. Pasalnya akan terjadi pembusukan alami yang membuat daging menjadi lebih empuk dan lembut.

Daging dry aged biasanya akan terlihat kering di bagian luarnya. Namun jangan salah sangka, bagian lapisan dalam daging justru akan semakin empuk karena ada proses penghancuran otot secara alami.

Untuk mendapatkan daging yang berkualitas kamu bisa melakukan dry aged minimal selama 28 hari. Namun jika kamu ingin mendapatkan daging dengan kualitas yang terbaik kamu bisa melakukannya sampai 90 hari. Semakin lama penyimpanannya maka cita rasa daging akan semakin keluar.

Lalu, apakah bisa melakukan dry aged sendiri di rumah? Sebenarnya kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, kamu harus menyiapkan kulkas dry aged. Kulkas untuk melakukan dry aged harus yang suhunya stabil dengan kelembaban 70%.

Jika kulkas kamu tidak memenuhi standar ini, maka prosesnya bisa gagal dan bisa merusak daging.

Untuk melakukan dry aged sendiri di rumah kamu bisa ikuti langkah berikut:

  1. Lumuri daging dengan garam atau bumbu sesuai selera kamu. Tanpa bumbu pun kamu bisa langsung melakukan dry aged.
  2. Masukkan daging dalam plastik vakum, lalu vakum sampai kedap udara.
  3. Simpan dalam kulkas minimal 28 hari.
  4. Setelah 28 hari atau lebih kamu bisa membukanya dan langsung memasaknya menjadi steak.

Daging yang Bagus untuk Di-Dry Agedirisan daging di atas kayu

Apakah semua jenis daging bisa di-dry aged? Seharusnya semua daging bisa kamu dry aged. Namun, agar hasilnya maksimal, pilihlah daging yang tidak banyak lemaknya dan lebih banyak urat atau ototnya.

Jika ingin dry aged daging pilih daging yang berkualitas tinggi dan masih segar. Kamu bisa pilih daging wagyu A5, daging sapi US, dan sejenisnya. Pilih bagian sirloin atau rib yang rendah lemak.

Kelebihan Daging Dry Agedpotongan daging yang akan di dry aged

Proses dry aged akan membuat daging menjadi lebih unggul daripada daging biasa. Adapun kelebihan dari daging dry aged yaitu:

1. Tekstur Daging Lebih Empuk dan Lembut

Seperti yang sudah dijelaskan, ketika di dry aged bagian dalam daging akan mengalami pembusukan dan ototnya menjadi hancur. Hal inilah yang membuat daging dry aged mempunyai tekstur yang lebih lembut dan empuk. Tenang saja walaupun bagian dalamnya lembut tapi bagian luar daging tetap kering.

2. Bumbu Lebih Menyerap

Kelebihan lainnya adalah rasa daging dry aged lebih enak karena bisa langsung lumer di mulut. Apalagi jika kamu menambahkan bumbu khusus selama prosesnya. Bumbu akan lebih menyerap dan membuat rasa daging lebih enak.

Semakin lama kamu melakukan penyimpanan dry aged daging, maka rasa daging akan semakin istimewa.

3. Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi

Selain dari segi tekstur dan rasa, daging dry aged juga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Harga daging dry aged bisa ratusan bahkan jutaan rupiah. Pasalnya daging sudah mengalami masa simpan lama dan kualitas rasanya pun berbeda dan lebih istimewa.

Apakah kamu tertarik untuk melakukan dry aged daging? Prosesnya memang sangat lama membutuhkan waktu minimal 1 bulan. Selain itu, kamu juga harus mempunyai kulkas dan alat vakum agar bisa melakukannya.

Tenang saja, kamu yang ingin daging dry aged berkualitas tidak perlu membuatnya sendiri. Pasalnya kamu bisa beli di Meat Shop Steak Hotel by Holycow. Di setiap TKP Holycow kamu bisa mendapatkan dry aged daging dengan banyak pilihan jenis daging. Segera cek ke TKP Holycow untuk mendapatkan daging dry aged terbaik.

Daging dry aged adalah salah satu daging terbaik untuk steak. Jadi tunggu apalagi, nikmati steak berkualitas dengan daging ini.

Leave a comment

All comments are moderated before being published