Home Story Seblak adalah: Mengenal Sejarah, Keunikan & Ragam Variasinya

Seblak adalah: Mengenal Sejarah, Keunikan & Ragam Variasinya

Ngomongin makanan viral, seblak adalah salah satu yang tidak boleh kelewat. Meski bisa dibilang makanan jadul yang sudah ada sejak zaman dulu, seblak kini kembali naik daun, terutama di kalangan anak muda yang doyan banget sama rasa pedas. 

Apa sih sebenarnya seblak itu dan dari mana asal-usulnya? Yuk, temukan ulasan lebih dalamnya di sini!

Apa yang Dimaksud dengan Seblak?

Semangkuk seblak dengan topping udang, mie, dan batagor stik

Seblak merupakan hidangan berkuah yang khas dengan bumbu cikur (kencur), sambal, serta aneka kerupuk lembek yang menjadi isiannya. 

Dari segi cita rasa, hidangan ini mempunyai rasa yang gurih dan pedas. Namun, seiring penyebarannya yang semakin luas tentu banyak orang yang memodifikasi rasa seblak menjadi sedikit manis, sehingga sesuai dengan lidah masyarakat di daerah tersebut.

Nah, salah satu daya tarik terbesar seblak adalah intensitas kepedasannya yang bisa dipilih sesuai keinginan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa seblak viral, terutama saat ramai kompetisi di mana orang berlomba mencicipi seblak dengan tingkat kepedasan yang super ekstrem.

Asal Usul Seblak

Peta Jawa Barat yang jadi daerah asal usul seblak

Tidak jelas seblak adalah makanan dari mana, tapi banyak orang yang beranggapan bahwa makanan viral ini merupakan santapan khas Bandung. Namun begitu, tidak ada rekam jejak tertulis yang menyatakan dari manakah asal seblak sebenarnya. Ahli budaya berpendapat bahwa hidangan berkuah ini berakar dari daerah Jawa Barat. 

Kenapa dinamakan seblak? Kata seblak sendiri merupakan kata serapan dari “segak" serta "nyegak”, dua kata dalam bahasa Sunda yang mempunyai makna menusuk hidung atau menyengat. Nama ini cukup sesuai merepresentasikan seblak karena bumbu kencur dalam seblak mempunyai aroma yang cukup kuat.

Ciri Khas Seblak

Semangkuk seblak dengan isian ceker, kerupuk, dan bakso

Dalam keluarga besar hidangan berkuah Indonesia, seblak hadir sebagai sosok yang penuh karakter. 

Jika bakso aci mengandalkan kenyalnya bola-bola aci sebagai daya tariknya dan gulai punya kuah kaya akan rempah yang harum dan gurih santan, seblak punya kerupuk sebagai bintang utamanya. 

Perpaduan bumbu racikan kencur yang khas serta kerupuk yang dimasak hingga lembut menciptakan sensasi yang berbeda, membuat seblak menjadi pilihan yang menarik bagi pencinta kuliner yang mencari pengalaman makan yang unik.

Bahan-Bahan Pembuat Seblak

Bahan-bahan isian seblak

Seblak mengandalkan bahan-bahan yang sederhana namun memancarkan rasa yang kaya. Salah satu bahan utamanya adalah bumbu cikur, yang terbuat dari campuran kencur, cabai merah, bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Bumbu ini harus diulek dengan halus dan kemudian ditumis untuk mengeluarkan rasa saat membuat seblak.

Selain bumbu cikur, bahan-bahan lainnya adalah bahan-bahan yang menjadi isian seblak. Sifat bahan-bahan ini optional, tapi satu hal yang pasti semua seblak pasti memakai kerupuk kuning. Nah, beberapa bahan yang kerap menjadi isian hidangan pedas ini di antaranya:

  • Telur: Menambah kekayaan rasa dan membuat kuah menjadi lebih kental.
  • Sosis: Umumnya menggunakan sosis merah.
  • Bakso: Pilihan bakson biasanya mencakup bola daging dari ayam, daging, atau ikan.
  • Sayuran: Pilihan sayur biasanya adalah sawi, tauge, atau pakcoy. 
  • Ceker ayam: Menambah dimensi rasa sehingga kuah menjadi lebih gurih.
  • Seafood: Beberapa pilihan seafood yang dipakai biasanya cumi potong dan udang kupas. 

Beragam Varian Seblak

Seblak memiliki berbagai varian yang menggugah selera. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Seblak Kerupuk

Seblak dari kerupuk oren

Punya harga yang ekonomis, seblak ini umumnya cuma memakai isian aneka kerupuk, seperti kerupuk oren, kerupuk bawang, dan kerupuk gelung. Sementara itu, telur ayam dan sosis sering kali menjadi tambahan sederhana untuk melengkapi hidangan ini.

2. Seblak Ayam

Seblak dengan ceker ayam

Mengusung tingkat kelezatan yang lebih tinggi daripada seblak kerupuk, varian ini menyajikan pilihan topping ceker atau sayap ayam. Penggunaan potongan daging ayam ini tak hanya menambah variasi, tetapi juga memperkaya rasa kuah seblak dengan kelezatan gurih yang lebih mendalam.

3. Seblak Seafood

Seblak seafood dengan topping bakso ikan dan cumi

Berbeda dari kebanyakan seblak yang biasanya hanya menawarkan topping kerupuk dan sosis, seblak yang satu ini menghadirkan pilihan isian yang jauh lebih beragam. Selain kerupuk dan sosis, kamu bisa menikmati udang, cumi, bahkan di beberapa tempat kamu bisa kepiting sebagai tambahan yang menggugah selera.

Baca Juga: Keunikan Kuliner Laut Indonesia: Mengapa Seafood Menjadi Favorit?

4. Seblak Aci

Seblak dengan topping bakso aci

Seperti namanya, seblak ini menyajikan isian bakso cilok yang kenyal. Rasanya mirip dengan bakso aci, namun kuah seblak yang khas dengan aroma kencur membuat hidangan ini terasa lebih kaya akan rempah-rempah.

Rasakan Sensasi Baru: Seblak Premium dari Steak Hotel by Holycow!

Seblak Steak Hotel by Holycow!

Merasa jenuh dengan seblak yang itu-itu saja? Saatnya mencoba inovasi seblak dari Steak Hotel by Holycow! persembahan ⁠Wynda Mardio (Owner Steak Hotel by Holycow) yang pasti bikin kamu ketagihan sama rasanya. 

Apa ciri khas seblak dari Steak Hotel by Holycow!? Beda dari kebanyakan seblak yang cuma kasih pilihan topping ceker dan sosis, di Steak Hotel by Holycow!, kamu bisa coba Seblak Wagyu. Yup, sesuai namanya kamu bisa merasakan kelembutan daging wagyu yang khas berpadu sempurna dengan kuah seblak yang nikmat.

Jangan khawatir kantong bolong, harga daging wagyu di sini masih sangat terjangkau di bawah Rp50.000 per 100 gram. Ditambah lagi, pilihan topping yang bervariasi seperti sayuran, bakso, dan kerupuk semuanya tersedia dengan harga hanya Rp1.500 - Rp5.000 saja. Murahkan?

Mau coba seblak next level yang nikmat? Selain steak dengan rasa otentik khas ⁠Holycow yang asli, seblak adalah pilihan yang wajib kamu coba di Steak Hotel by Holycow!

Leave a comment

All comments are moderated before being published