Home Story 6 Tips Mudik Lebaran agar Aman Sampai Tujuan

6 Tips Mudik Lebaran agar Aman Sampai Tujuan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, ada satu tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia di setiap tahunnya, apa lagi jika bukan mudik. Beberapa hari menjelang Lebaran, banyak orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Tips mudik Lebaran pun mulai dicari oleh banyak orang. 

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab tren urbanisasi di Indonesia terus meningkat di setiap tahunnya. Pada tahun 2022 saja, tingkat urbanisasi sudah mencapai angka 57,93%. Angka ini 6,65% lebih tinggi dari tingkat urbanisasi di tahun 2012 yang hanya mencapai 51,28%.[1] 

Itu artinya, ada lebih banyak orang yang pindah dari desa ke kota. Hal ini akan berkaitan dengan kondisi jalan yang semakin padat ketika musim libur panjang seperti lebaran tiba. Jadi, kamu perlu tahu tips aman sebelum mudik lebaran karena waktu tempuh perjalanan yang cukup lama. Ini penjelasannya! 

Sejarah Singkat di Balik Tradisi Mudik

macet di jalan

Sebelum membahas tentang apa saja persiapan mudik lebaran, kamu perlu tahu bagaimana asal usulnya. Jika dilihat dari segi etimologis, kata mudik berasal dari bahasa Jawa Kuno “udik” yang artinya “maju ke hulu”. Selain itu, ada juga kata “ilir” yang berarti “mundur ke hilir”.  Itu kenapa ada istilah “hilir mudik” yang berarti “bolak balik”. 

Pada saat itu, para petani dari Jawa Tengah dan Timur sering membawa hasil tani ke arah Barat, khususnya Batavia atau Jakarta. Dari sinilah kata “mudik” lahir. Artinya adalah “pulang dari kota dan kembali ke ladang”. Hal ini selaras dengan arti mudik di dalam KBBI, yaitu pulang kembali ke kampung halaman.[2]

Tips Ketika Mudik

Sebelum kamu memutuskan pulang kampung, pastikan untuk mencatat beberapa tips berikut! 

1. Hindari Perencanaan Mendadak

orang yang dadah dadah dari dalam mobil

Pada dasarnya, rencana yang matang adalah pangkal kesuksesan. Karena itu, pastikan untuk merencanakan pulang kampung dari jauh-jauh hari. Hindari mudik tanpa persiapan sama sekali. 

Jika kamu akan pulang kampung memakai moda transportasi umum, pastikan kamu sudah mendapatkan tiket setidaknya 15-45 hari sebelum hari keberangkatan. Lalu, persiapan mudik dengan mobil pun tidak kalah penting untuk dilakukan. Pastikan mobil yang kamu gunakan aman, periksa semua komponennya dan masih layak pakai.

2. Siapkan Amunisi yang Mungkin Kamu Butuhkan

berbagai jenis obat-obatan

Tidak hanya alat transportasi saja yang wajib prima, kamu juga perlu menyiapkan amunisi lainnya. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan, makanan ringan, hingga makanan berat. 

Hal ini karena kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi. Kamu bisa saja terjebak macet hingga hitungan jam, sehingga pastikan untuk membawa semua hal yang mungkin akan kamu butuhkan di jalan.

3. Pastikan Tidur Cukup Sebelum Berangkat

orang yang sedang tidur

Jika kamu memutuskan untuk pulang kampung sambil membawa motor atau mobil sendiri, tidur yang cukup sebelum berangkat hukumnya adalah wajib. Hal ini berkaitan dengan 61% kasus kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh adanya human error, termasuk mengantuk dan kelelahan saat menyetir.[3]

4. Manfaatkan Rest Area dengan Baik

orang yang beristirahat di dalam mobil

Apabila memungkinkan, kamu bisa gantian menyetir dengan teman atau anggota keluarga lain ketika rasa lelah dan ngantuk mulai menghantui. Jika tidak ada orang lain yang bisa menyetir, kamu bisa memanfaatkan rest area dan beristirahat sejenak di sana. 

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

dua orang di dalam mobil dengan pakaian nyaman

Salah satu tips mudik naik motor, mobil, maupun transportasi umum lainnya adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Hal ini karena kamu akan menghabiskan waktu lama di jalan, bahkan bisa puluhan jam. Jadi, hindari untuk memakai tailored suit, celana ketat, dan baju-baju tidak nyaman lainnya. 

6. Pastikan Asupan Nutrisi Tetap Seimbang

sepiring steak

Sebagai manusia biasa, kamu jelas perlu makan. Hal ini karena tubuh membutuhkan nutrisi yang sehat. Jadi, pastikan untuk tetap menyantap sahur dan buka puasa dengan makanan bergizi seimbang. Salah satu jenis makanan yang bisa kamu pilih adalah daging merah. 

Daging merah termasuk makanan yang paling kamu butuhkan ketika mudik. Alasannya karena kandungan protein, serat, asam amino, zat besi, dan mineral lain yang sangat tinggi. Makanan ini bisa membuat daya tahan tubuh kamu lebih kuat dan terhindar dari anemia.

Jadi, jangan lupa untuk mampir ke TKP Holycow terdekat dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman. Hal ini karena Holycow punya banyak variasi hidangan daging merah yang lezat dan sehat. Kamu bisa menemukan Black Angus Sirloin Steak, Tenderloin Special Steak, dan lain-lain. 

Selain datang langsung ke restoran, kamu juga bisa membuat hidangan mewah sendiri di rumah dengan memakai daging halal dan berkualitas dari Holycow. Pilihan pun beragam, mulai dari Sate Maranggi, Steak Set Wagyu Tenderloin, Steak Set Wagyu Sirloin, Black Angus Sirloin Steak Parcel Holycow! 4 Pax

Ini termasuk tips mudik Lebaran yang penting untuk kamu catat. Sebab, kamu hanya perlu memasak frozen meat di rumah dengan modal pan dan kompor saja. Setelah matang, bisa langsung bungkus yang rapi untuk bekal di jalan. Menariknya, sudah ada seasoning, bbq sauce, french fries dan vegetable di dalam kemasan.

Leave a comment

All comments are moderated before being published