Home Story Bolehkah Daging Beku Langsung Direbus? Ulik Mitos & Faktanya!

Bolehkah Daging Beku Langsung Direbus? Ulik Mitos & Faktanya!

Sudah bukan lagi jadi rahasia umum, jika daging adalah salah satu makanan yang cepat busuk karena rentan menjadi sarang bakteri. Karena itulah kamu perlu memasukkannya ke dalam freezer agar daging lebih tahan lama, biasanya hingga 3-5 hari.[1] Lalu kira-kira, bolehkah daging beku langsung direbus?

Pertanyaan itu pastinya memenuhi kepala kamu. Hal ini karena proses defrost atau pencairan makanan beku yang cukup lama. Jika kamu hanya membiarkannya di suhu ruang, perlu waktu seharian, hingga daging itu benar-benar mencair dan siap untuk dimasak. Sedangkan merebusnya bisa mempercepat proses defrost

Karena itu, agar kamu tidak salah mengolah, mari ulik fakta dan mitos tentang cara memasak daging yang masih beku atau frozen meat pada penjelasan berikut! 

Bolehkah Daging Beku Langsung Direbus?

beberapa potong daging beku di wadah warna biru

Sebenarnya, Layanan Inspeksi dan Keamanan Pangan USDA berkata jika daging boleh dimasak tanpa harus dicairkan terlebih dahulu.[2] Tidak hanya untuk daging mentah, hal ini juga berlaku untuk daging yang sudah matang dan ingin dihangatkan. Jadi, kamu tetap bisa memasak dan menyantapnya. 

Apabila kamu belum tahu berapa lama merebus ayam beku maupun jenis daging lainnya, kamu jelas perlu waktu yang lebih lama. Biasanya, kamu hanya perlu menunggu sekitar 30-40 menit sampai empuk. Namun, jika masih beku, maka kamu perlu menunggu sekitar 75-90 menit. 

Hanya saja, meskipun USDA memperbolehkan, alangkah lebih baik jika kamu memasak daging setelah proses defrost selesai dengan sempurna. Hal ini karena daging tersebut sangat rentan terhadap serangan bakteri. Jika tidak hati-hati, kamu bisa terkena berbagai jenis penyakit.

Dampak Merebus Daging Beku Secara Langsung

Secara garis besar, ada beberapa dampak buruk yang bisa kamu rasakan ketika mengolah dan juga menyantap daging yang direbus tanpa defrost. Berikut penjelasan tentang dampak merebus daging beku secara langsung yang perlu kamu tahu! 

1. Bakteri Belum Sepenuhnya Musnah

orang yang memegang daging mentah

Perlu kamu catat jika bakteri tidak akan musnah sepenuhnya ketika kamu memasukkan daging ke dalam freezer, para bakteri hanya akan melakukan hibernasi.[3] Karena itu, ada kemungkinan bakteri tersebut kembali bersarang di sana pun sangat tinggi. Terutama, jika kamu hanya memasak dalam waktu singkat. 

Sebagai informasi, bakteri akan tumbuh sejak temperatur daging naik ke angka kritikal, yaitu antara 5°C hingga 60°C. Maka dari itu, hindari untuk langsung merebusnya, karena air mendidih akan mengembalikan daging ke suhu kritikal tersebut. Hal ini bisa membuat bakteri kembali dengan lebih cepat. 

2. Tingkat Kematangan Daging Tidak Merata

orang yang sedang memasak daging

Tidak hanya itu saja, namun tingkat kematangan daging juga tidak akan merata jika kamu mengolahnya di dalam keadaan beku. Daging tersebut mungkin akan matang di luar, namun di dalamnya masih mentah dan masih belum layak untuk dikonsumsi.

Hal ini sebenarnya bisa kamu akali dengan cara memotong daging ke ukuran yang lebih kecil. Hanya saja, cara memotong daging yang beku itu sangat sulit dan akan membutuhkan banyak tenaga. Karena itu, agar lebih mudah, pastikan daging mengalami proses defrost terlebih dahulu. 

Tips dan Cara Mencairkan Daging Beku

Pada dasarnya, ada beberapa tips dan cara mencairkan daging beku dengan cepat dan higienis yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Hindari Merendam Daging di Air Panas

orang yang memanaskan air

Secara logika, melakukan proses defrost dengan air panas akan lebih cepat dan efektif. Namun ternyata, itu adalah logika yang kurang tepat jika berkaitan dengan frozen meat. Alasannya sama seperti merebus daging tersebut secara langsung tanpa defrost

Karena itu, kamu perlu memakai air dingin untuk mencairkannya. Jangan lupa untuk memasukkan frozen meat ke dalam kemasan atau kantong plastik anti bocor sebelum kamu merendamnya di air dingin. Lalu, biarkan selama 2-3 jam dan pastikan untuk mengganti air setiap 30 menit sekali. 

Bagi kamu yang belum tahu apakah daging beku perlu dicuci, kamu tidak perlu mencucinya jika itu daging merah seperti sapi, kambing, atau kerbau. Namun, jika itu daging ayam, kamu boleh mencucinya terlebih dahulu. 

2. Panaskan dengan Fitur Defrost di Microwave

sebuah microwave

Selain itu, ada cara yang lebih mudah dan cepat, yaitu dengan memakai microwave. Kamu bisa menggunakan fitur defrost yang ada di sana. Hanya saja, pastikan untuk langsung mengolahnya setelah daging keluar dari microwave

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah siap untuk mengolah frozen meat? Jika sudah, kini saatnya untuk mencoba beragam frozen meat dari Holycow. Ada beberapa menu yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Wagyu Tenderloin, yaitu daging wagyu potongan khas dalam yang paling empuk dan gurih karena punya banyak marbling.
  • Australian Tenderloin, yaitu bagian otot panjang, sempit, dan ramping yang terletak di bagian dalam dengan tekstur paling empuk. 
  • Wagyu Sirloin, berasal dari punggung sapi wagyu dengan tekstur tidak seempuk rib eye dan tenderloin dan cenderung minim marbling.
  • Wagyu Rib Eye, berasal dari sekitar tulang rusuk dan area punggung sapi wagyu yang gurih dan super empuk.
  • Australian Sirloin, berasal dari area pinggang sapi Australia dengan tekstur tidak seempuk tenderloin.
Setelah mengetahui bolehkah daging beku langsung direbus, kamu bisa memasak daging beku ini di rumah tanpa ada masalah. Jadi, sudah siap untuk dine in di rumah namun dengan kualitas dan rasa masakan ala restoran?

Leave a comment

All comments are moderated before being published